*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Yin Yang dan Konsep Penciptaan Dalam Hindu

India dan China adalah negara yang memiliki peradaban tertua dan memberikan sumbangan pengetahuan/filsafat kepada dunia. Kedua negara ini menyumbang hampir dua pertiga dari ekonomi dunia. Mereka terus meningkat dan kemungkinan dapat memainkan peran penting di panggung dunia dalam waktu dekat. India tumbuh perekonomianya terbesar ketiga di dunia dan terus tumbuh, sementara Cina adalah yang terbesar kedua. Menurut penelitian, kedua negara ini dapat menyalip Amerika Serikat pada dekade berikutnya sebagai ekonomi terbesar di dunia. Pada jaman dahulu, Cina sangat terkenal dalam bidang kerajinan fisik dan filsafat, sedangkan India terkenal dengan konsep filsafat tentang jiwa dan religius. Keduanya berbagi beberapa sejarah umum, ide-ide keagamaan, kepercayaan, dan praktek.

lingga yoni

Sejak awal, prektek-praktek keagamaan di India juga ditemukan di Cina. Yang paling menonjol adalah Budha. Di India ada bela diri Kalaripayattu seni beladiri yang membentuk dasar Kung fu atau Gung fu. Di India ada praktek meditasi bernama Dhyana, yang membentuk dasar dari Zen atau Chan.

Hubungan perdagangan antara India dan Cina sangat baik.Tibet, Burma, Thailand adalah yang menghubungkan dua negara ini. Biksu Budha melakukan perjalanan dari Cina ke India untuk belajar di biara-biara India dan lembaga pendidikan, dan mengumpulkan teks-teks Buddhis, sedangkan guru India seperti Bodhi Dharma pergi ke Cina untuk menyebarkan agama Buddha.

Selain itu di Cina ada konsep Yin dan Yang, yang merupakan konsep penting dalam filsafat Cina tentang unsur utama dalam penciptaan sebagai positif dan negatif, atau prinsip-prinsip pria dan wanita. Wikipedia mendefinisikan Yin dan Yang sebagai berikut :

1. Yin 陰 atau 阴  
Yin adalah sisi hitam dengan titik putih pada bagian atasnya. Yin (secara harafiah yaitu tempat yang teduh) adalah daerah gelap yang merupakan bayangan dari gunung.

1. [filsafat] negatif / pasif / prinsip perempuan di alam,bulan. 2. Orientasi berbayang, 3. rahasia; tersembunyi; tersembunyi, 4. Vagina 5. dari akhirat, 6. negatif, 7. sisi utara, 8. tepi selatan sungai, 9. sisi kebalikan dari prasasti yang.

2. Yang 陽 atau 阳 
Yang adalah sisi putih dengan titik hitam pada bagian atasnya. Yang (secara harafiah yaitu tempat yang terang atau cerah) adalah bagian yang tidak terhalang oleh gunung.

 1. [filsafat Cina] positif / aktif / prinsip laki-laki di alam, 2. matahari, 3. alat kelamin pria, 4. lega, 5. terbuka; terang-terangan, 6. milik dunia ini, 7. [linguistik] maskulin, 8. sisi selatan bukit, 9. tepi utara sungai.

Beberapa sumber diberikan tentang asal-usulnya. Beberapa bahkan ditelusuri sampai ke Burma dan Tibet. Namun, bukti-bukti ada kaitan antara simbolisme Hindu lingga yoni dan prinsip-prinsip Yin  Yang dari budaya Cina. Tampaknya kemungkinan besar, konsep Yin Yang adalah berasal dari India dan kata-kata itu berasal dari kata Sansekerta, Yoni dan Lingga.

lingga yoni dalam hindu

Arti masing-masing juga sangat mirip. Lingga dan Yoni  telah dikenal sekitar 6000 tahun di India. Mereka memiliki tempat yang menonjol dalam agama Hindu dan Tantra Hindu. Maknanya adalah seperti tercantum di bawah.

1. Lingga menggambarkan prinsip laki-laki, Purusha, organ seksual laki-laki, Shiva, kesadaran, dan sumber penciptaan.

2. Yoni merupakan prinsip perempuan, Alam atau Prakriti, Shakti atau energi universal, organ reproduksi wanita, rahim universal, Ibu Universal, Ibu Dewi, dan Parvati.

Keduanya mewakili totalitas seluruh ciptaan. Dalam agama Hindu, kita memahami keduanya sebagai Siwa dan Shakti, Shivalinga, dan Ardhanariswara (setengah laki-laki setengah perempuan). Mereka mewakili penciptaan sebagai jiwa dan tubuh, kesadaran dan materi, pria dan wanita, postive dan negatif, terang dan gelap. Sejak zaman kuno, keduanya telah menjadi simbol paling populer dalam Hindu dan merupakan bagian integral dari seni Hindu dalam candi, ikonografi, spiritualitas, dan ritual Hindu.

Mengingat popularitas keduanya di kedua negara, popularitas konsep Shivalinga, hubungan pertukaran budaya antara India dan Cina, Saya percaya bahwa konsep Yang tampaknya menjadi bentuk dari kata  Ling atau Lingga, dan Yin, adalah versi dari kata Yoni, organ reproduksi wanita dan simbol Shakti.

Ada banyak kesamaan antara Tantra Hindu dan Buddha. Bahkan, banyak praktik Buddhisme Mahayana dan Buddha Tantra yang berasal dari Hindu. Kedua tradisi memiliki banyak persamaan dalam praktik, konsep dan nama-nama dewa. Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa konsep lingga dan yoni dikenal di Cina sebagai Yin dan Yang di bagian awal dari peradaban mereka dan merupakan hasil dari penyebaran agama Budha di Tibet dan cina.

 Demikian sedikit artikel tentang Yin Yang dan Konsep Penciptaan dalam Hindu. Bila Anda masih ada pertanyaan dalam pikiran silahkan tuangkan saja di FORUM Web ini. Swaha.

1 komentar:

  1. Sebagai sebuah vendor ponsel yang diperhitungkan, Advan nampaknya memang terus- menerus mengeluarkan sebuah smartphone terbarunya ke pasaran yaitu Advan S4e

    ReplyDelete