Program Kerja Pasraman

Puji syukur kehadirat Sang Hyang Widhi Wasa, atas kertha wara nugraha Nya, akhirnya Program Kerja Semester I & II, Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram dapat diselesaikan. Rencana pengembangan pasraman ini dimaksudkan untuk dapat memberikan gambaran tentang Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram dan keadaan yang diinginkan. 

Mengingat keadaan Pasraman kami yang tidak mempunyai bangunan Pasraman serta kelas yang layak, seperti Pasraman – Pasraman yang lain maka mengunakan tempat seadanya. Namun hal tersebut bukan merupakan kendala yang perlu ditanggapi secara serius. Bagi kami kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja asalkan adanya keseriusan dan berkesinambungan. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan belajar dan mengajar berjalan dengan baik sebagai bagian pelaksanaan pendidikan nasional dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami menyadari bahwa dalam menyusun Buku Program Semester I & II Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram ini tidak lepas dari kekurangan. oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun akan kami terima dengan lapang dada dan sangat kami harapkan guna perbaikan kearah kesempurnaan. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami hingga tersusunnya buku Program Jangka Menengah Semseter I & II pada Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram.  

Pengertian 
Program Kerja Kepala Pasraman adalah suatu rencana kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menentukan dan menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di Pasraman. 

Dasar Pelaksanaan  
1. Hasil rapat kerja Pasraman dengan orang tua murid dan tempek 
2. Kalender Pendidikan 
3. Program semester I & II 

Maksud dan Tujuan 
Program Kerja Kepala Pasraman ini disusun untuk memberikan arah bagi pelaksanaan kerja Kepala Pasraman dan bertujuan agar program yang direncanakan dapat dicapai sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Visi dan Misi Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram 
Terwujudnya Sumber Daya Manusia Hindu Yang Berkualitas,Berbudi Pekerti Luhur, Berdaya Saing Tinggi dan Tangguh Dilandasi Filosofi “VASUDHAIVA KUTUMBAKAM.
1. Membentuk Sisya yang cerdas, terampil dan berbudhi luhur.
2. Menuntun Sisya agar mampu memahami tentang ajaran Veda melalui metode Sad Dharma.
3. Mendidik Sisya agar mampu membiasakan diri berperilaku agamis dalam kehidupan sehari-hari.  
4. Meningkatkan Sumber Daya manusia melalui 3 tertib : Tertib Waktu, Tertib Belajar dan Tertib  
    Bersih

Penyelengaraan Pendidikan 
Sebagai lembaga pendidikan non formal, maka jenis kegiatan yang dilakukan adalah: 
1. Kegiatan Kulikuler. Kegiatan ini dilakukan dengan mengacu kepada kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum 2013 . Kegiatan kulikuler ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan siswa. Selain memberikan ilmu pengetahuan agama Hindu melalui buku panduan, juga diberikan pengetahuan pengenalan dasar bentuk huruf sansekerta,bagaimana cara menulis dan membaca sansekerta. Kegiatan kulikuler ini dilakukan dalam bentuk kegiatan belajar mengajar baik di kelas maupun di luar kelas. Kegiatan belajar mengajar dibimbing oleh 4 orang Guru dan 3 Orang Guru Ekstrakulikuler.
2. Kegiatan Ekstra kulikuler. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung tercapainya tujuan kegiatan kulikuler secara menyeluruh. Kegiatan ini dikemas kedalam bentuk kegaiatan diantaranya; Kesenian mengamel, Kesenian Tari Bali, Mejejahitan, Dharma gita, Membaca Sloka Bhagavad Gita dan Yoga. Kegiatan ini dilakukan pada setiap Minggu keempat . Selain 2 kegiatan diatas, kegiatan yang dilakukan Kepala Pasraman antara lain: 
1. Kegiatan Mingguan : kegiatan Kepala Pasraman setiap minggu antara lain memantau kegiatan belajar siswa, memeriksa pelaksanaan ulangan harian dan menandatangani hasil ulangan harian. 
2. Kegiatan Bulanan : Kegiatan Kepala Pasraman setiap bulan antara lain: Membayar gaji guru, Pertanggung jawaban keuangan kepada Tempek, mengikuti rapat kegiatan dari masing-masing Pasraman dan lain –lain jika dianggap perlu. 
3. Kegiatan Semester : kegiatan ini antara lain melakukan koordinasi dengan Guru-guru dalam penyelenggaraan ulangan semester I & II, Penyerahan hasil ulangan kepada orang tua murid, dan pemerikasaan laporan tugas guru meliputi: target kurikulum, daya serap, ketuntasan belajar, siswa yang butuh perhatian khusus dan siswa yang berprestasi. 
4. Kegiatan Tahunan: kegiatan tahunan ini dilakukan dalam dua waktu antara lain:
a. Kegiatan Awal tahun : kegiatan yang dilaksanakan antara lain melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru dan pembagian tugas mengajar.
b. Kegiatan akhir tahun : kegiatan ini dilakukan antara lain menyerahkan laprang pertanggungjawaban keuangan kepada Ketua Tempek, menyelenggarakan UAS dan ulangan umum semester genap, membuat laporan akhir tahun pelajaran kepada ketua tempek, Tirta Yatra dan evaluasi pelaksanaan program tahunan belajar.

PENUTUP 
Sasaran akhir dari Program Kerja Kepala Pasraman ini adalah untuk menunjang tercapainnya pelaksanaan program kerja jangka panjang secara bertahap dan berkesinambungan dari program yang ada. Hasil pelaksanaan program kerja ini akan di evaluasi setiap tahun dan akan dijadikan bahan acuan program kerja selanjutnya. Demikian program kerja ini dibuat disesuaikan dengan kemampuan Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram.

No comments:

Post a Comment