WORKSHOP YOGA BAGI GURU PASRAMAN SE JAWA BARAT

 BANDUNG - (11/10/2020) Kegiatan Workshop Yoga Bagi Guru Pasraman Se-Jawa Barat dilaksanakan oleh Pembimas Hindu Provinsi Jawa Barat dari tanggal 09 s.d 11 Oktober 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Clove Garden Kabupaten Bandung. Kegiatan ini selain diisi materi dari Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat. Beliau menjelaskan bahwa " Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat ditutup sementara dikarenakan ada 5 orang pegawainya yang positif Covid-19. Oleh karenanya melalui kegiatan ini harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan, Jaga jarak, Pakai Masker dan cuci tangan. Kegiatan ini sangat bagus karena dengan Yoga dapat menjaga kesehatan dan imunitas, sehingga umat Hindu melalui Pasraman harus tetap rutin melakukan Yoga"

Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang masuk dalam 3 besar dalam konteks intoleransi beragama, artinya kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama mengalami degradasi/penurunan sehingga sebagai salah satu elemen keumatan, Pasraman dituntut harus bisa menyelenggarakan pendidikan multikultural pendidikan yang berangkat dari keberagaman.

Secara administrasi semua pasraman yang masih bersifat Sekolah Minggu agar segera berbenah untuk selanjutnya bermutasi menjadi sekolah formal maupun non formal, karena kedepan pemerintah akan lebih fokus pada Pasraman formal maupun non formal.

Kegiatan ini lebih didominasi praktek Yoga dari beberapa narasumber.  Narasumber kali ini antara lain Agus Widodo, S.Ag, yang memberikan praktek secara detail tentang pernafasan dalam Surya namaskara dan Candra Namaskara. Selain itu menghadirkan seorang praktisi Yoga; Ibu Desak yang memberikan praktek yoga lintang trenggana. Berikut Dokumentasinya 




















No comments:

Post a comment