*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Cara dan Aturan Melakukan Japa

Pada Materi Pasraman Kilat se Jawa Barat di Bandung, kita sudah bahas tentang cara membuat, arti dan Makna Daksina. Kini kita akan membahas tentang Cara dan aturan melakukan Japa. Materi ini disampaikan oleh Bapak I Gusti Ngurah Suyasa. Beliau adalah Ketua Pasraman Widya Dharma Ujung Berung. Beliau menjelaskan terlebih dahulu tentang :

Pengertian Japa
Kalau saya terjemahkan dari artikel Wikipedia. Japa (Sansekerta: जप) adalah disiplin spiritual dengan cara mengulang-ulang mantra atau nama Tuhan.  Japa dapat dilakukan sambil duduk dalam posisi meditasi.

Dalam Sanskerta japa berasal dari akar kata "jap" yang berarti untuk mengucapkan dengan suara rendah, berulang-ulang, bergumam". Proses memulai japa disebut Japam. Mantra Veda yang dilantunkan disebut Mantra Upasana.


Banyak umat Hindu melantunkan mantra setiap saat. Dalam pelaksanaan Japa atau pengulangan mantra dihitung menggunakan rangkaian manik-manik yang dikenal sebagai japa mala. Berbagai jenis bahan Japa Mala yang digunakan untuk japa misalnya terbuat dari Buah Genitri, Kayu tulasi dll. Jumlah manik-manik di japa mala umumnya 108. Baca Mengapa jumlahnya 108. Ada beberapa orang mengalungkan Japa Mala dileher, namun banyak para praktisi yang menganjurkan agar menaruh Japa Mala pada kantong yang bersih.

Selain menggunakan Japa Mala, para Rsi atau orang suci Hindu menggunakan 108 mala didalam tubuhnya :

1.   Sahasrara
2.   Dahi
3.   Ajna
4.   Wisudha
5.   Anahata
6.   Manipura
7.   Swadistana
8.   Muladara.
9.   Telapak kaki kiri
10. Telapak kaki kanan
11. Telapak tangan kiri
12. Telapak tangan kanan

Setiap titik Cakra ada 9 titik mala mulai : Timur, Selatan, Barat, Utara, Tenggara, Barat Daya, Barat laut, Timur Laut dan Tengah

Cara Memegang Japa

  1. Sebelum melakukan Japam maka perlu diketahui tentang aturan memegang Japa Mala 
  2. Posisi Meru ada di atas jari manis kanan, setiap selesai membaca japa mantra mala ditarik oleh jari tengah dan dijaga ibu Jari. 
  3. Khusus telapak tangan kiri, ada diatas pusar menghadap keatas , menjaga japa mala jangan sampai menyentuh lantai
  4. Setiap selesai membaca japa mantra mala ditarik 1 biji oleh jari tengah.
  5. Setelah mala di 108 , kalau mau membaca siklus berikutnya genitri diputar , jangan sampai melangkahi meru Danda.


Etika Melakukan Japa


  1. Japam ( salam, penyucian, mengagungkan, dan mohon bimbingan)
  2. Persiapan Japam
  3. Sikap padmasana, Pranayama, Karasodhana
  4. Genitri ada di kedua telapak tangan
  5. Mohon ijin kepada Ibu Gayatri untuk berjapam Gayatri
  6. Lakukan Japam ( Mantra Gayatri)
  7. Selesai Japam kalungkan Japamala dileher dengan posisi meri diatas
  8. Tarik Energi kundalini dari tulang ekor sampai mata ketiga ucapkan doa : Ya Ibu Gayatri anugrahkan hamba : Kesehatan, Kedamaian, cintakasih
  9. Jika doa tersebut sudah mapan silahkan membaca doa sesuai keinginan/susunlah dengan bahasa yang benar berdasarkan keinginan
  10. Selesai membaca doa , alirkan energi keseluruh tubuh, atau jika ada terasa sakit, alirkan energi ketempat sakit , mohon kesembuhan
  11. Selesai berjapa, Gosokan kedua tangan, usapkan kemuka, dan bagian tubuh lainnya
  12. Frame End Japam ( Share, Purnam dan santhi puja)


Mantra Pembuka sebelum melakukan Gayatri

Om sandya mandalagata, Trimurti svarupini, Sarasvati ya savitri, tan vande
Veda mataram.


Ya Ibu Gayatri yang berada pada lingkaran sinarnya matahari, Engkau yang diberi gelar Trimurti, Engkau pula yang disebut dengan sarasvati dan savitri, Engkau yang dipuja sebagai Dewi Gayatri ibu dari segala Veda.


Mantra Gayatri

Om bhūr-bhuvaħ svaħ, ŧaŧ-saviŧur-vareṇ`yam,
bhargo đevas`ya đhīmahi , đhi`yo `yo naḥ pracho-đa`yāŧ .

Rg Veda III.62:10


Ya Tuhan , Penguasa  Alam semesta, Sumber  Segala penciptaan sumber segala Cahaya, Hamba menyembahMU dengan bermeditasi, Bimbimlah dan anugrahkan lah kemampuan Wiweka Hamba.


Japa mantra populer

Aum  
Mahamrityunjaya Mantra
Aum Namah Sivaya
Gayatri (mantra)
Hare Krishna (mantra)
Om Mani Padme Hum
Om Namo Bhagavate Vasudevaya
Om shri hari vishnu
Om Namo Narayanaya
Om Tare Tuttare Ture Swaha
Sri Ram Ram Jay Jay Jay Ram

Demikian sedikit pembahasan tentang Cara dan Aturan Melakukan Japa. Semoga bermanfaat. Jika para pembaca merasa ada kekurangan dalam pembahasan mohon koment di bawah ya. Terima Kasih.

2 komentar:

  1. Penjelasan cara memegang japa point no 2. antara penjelasan dan gambar yang ditunjukkan tidak sama. Pada gambar japa mala menempel pada jari tengah bukan jari manis. Mana yang benar ? Pada jari tengah atau jari manis. Suksme.

    ReplyDelete
  2. Bli Wayan Nanda, Terima kasih atas koreksinya. Sebetulnya menurut Shiva Purana, Panchakshar Mantra 28 dijelaskan bahwa pada saat menggunakan Mala, bila orang menggunakan ibu jari ia akan mencapai pembebasan. Bila menggunakan jari telunjuk memungkinkan ia menaklukkan para musuh. Bila menggunakan jari tengah akan mencapai kemakmuran. Dengan menggunakan jari manis orang akan menemukan kedamaian.

    sebetulnya gambar tersebut benar, namun hanya penempatannya yang salah. Oleh karena itu untuk tidak menjadi kebinggungan pembaca, Gambar tersebut kami hapus. terima kasih.

    ReplyDelete