*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Misteri Kematian Rsi Chanakya

Misteri Kematian Rsi Chanakya. Dalam kisah Ashoka kita mengetahui ada seorang Rsi bernama Chanakya. Rsi Chanakya adalah salah satu tokoh yang paling diingat dan Rsi yang mengagumkan dari India kuno yang sangat berjasa dibidang ekonomi dan tata negara yang sampai sekarang ini kita rasakan. Pahlawan luar biasa ini telah menciptakan dua karya besar yaitu Kitab Arthashastra (prinsip-prinsip Ekonomi) dan Kitab Chanakya Niti (Karya Chanakya tentang kenegaraan). Chanakya kecil sudah memiliki kebajikan dan cinta kasih. Beliau adalah seorang rsi yang menjadikan seorang anak jalanan menjadi seorang raja agung. Beliau menjadi penasehat kerajaan Maurya dari Chandra Gupta, Bindusara dan Ashoka.

Kematian Rsi Canakya


Kematian Canakya masih misteri dan tidak terungkap sampai saat ini meskipun beberapa penelitian telah dilakukan oleh para sarjana. Namun, ada dua pendapat menyatakan bahwa mengalami kelaparan karena puasa total sampai meninggal dan yang lainnya menyatakan bahwa ia dibunuh oleh musuh disekelilingnya. Namun, keduanya menyatakan bahwa Chanakya meninggal dengan cara yang menyedihkan.

Rsi Chanakya mengambil Chandra Gupta dari jalanan dan menjadikannya penguasa kerajaan besar untuk membalas budi yang dideritanya di pengadilan Nanda. Chandra Gupta Maurya terbukti menjadi kaisar besar dan membangun kerajaan dengan bimbingan dan nasehat dari Chanakya. Anak Chandra Gupta yaitu Bindusara mengantikan Chandra Gupta di takhta dan Chandra Gupta kemudian bertapa sampai akhir hayatnya.

Chanakya terus menjadi penasihat utama untuk Bindusara. Banyak yang tidak suka dengan hubungan Chanakya dengan Bindusara, Rencana-rencana busuk disusun untuk menciptakan permusuhan antara dirinya dan penguasa. Otaknya adalah Subandhu, menteri dari Bindusara. Subandhu menghasut Bindusara agar percaya bahwa Chanakya yang membunuh ibunya dengan cara yang kejam. Hal itu membuat Bindusara beranggapan buruk kepada Rsi Chanakya.

Chanakya semakin tidak mentolelir tindakan Bindusara. Oleh karena itu, ia meninggalkan istana dan mengalami kelaparan sampai meninggal. Akhirnya, seorang perawat dari ibu Bindusara bernama Dhurdha, mengungkapkan misteri di balik kematian sang ratu dan Chanakya tidak bersalah.

Dahulu kala Ketika Chandra Gupta, ayah Bindusara masih menjadi Raja, Chanakya menambahkan racun ke makanannya setiap hari untuk membuat dia kuat dan tubuhnya kebal terhadap racun sehingga ia tidak akan diracuni oleh musuh-musuhnya. Dikarenakan tidak tahu, sang ratu dalam keadaan hamil salah mengambil makanan yang disediakan untuk Chandra Gupta. Sehingga Sang Ratu Keracunan. 

Dikarenakan diselimuti rasa bersalah maka Chanakya ingin menyelamatkan pewaris tahta dan kemudian membuka rahim ibu Chandra Gupta untuk menyelamatkan bayi yang diselamatkan dari racun dan anak itu kemudian diberi nama Bindusara. Dalam proses ini akhirnya sang ratu meninggal. Oleh karena itu Chanakya akan melindungi Bindusara.

Setelah Bindusara mendengarkan hal itu dari sang Pelayan, ia sadar akan kesalahannya terhadap rsi Chanakya. Akhirnya Bindusara mencari rsi Chanakya dan mengajaknya kembali ke Istana. Namun, Chanakya menolaknya dan sampai akhirnya mengalami kelaparan karena puasa total sampai meninggal. Namun versi lain menyatakan bahwa Subhandu membunuh rsi Chanakya. Namun dari sekian banyak cerita Kematian Chanakya masih misteri.

0 komentar:

Post a Comment