*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Belajar Yoga dari Sang Yogi Gopala


Belajar Yoga dari Gopal YogiNilkantha telah berjalan melalui hutan Himalaya selama hampir satu tahun penuh. Cepat kakinya, tidak ada yang bisa menghentikan dari misinya. Udara dingin yang menusuk, panas, hujan, lapar, haus atau hewan buas - tak satu pun memperlambat langkahnya. ia melanjutkan perjalanannya, suatu malam, ia sampai di sebuah pohon beringin yang sangat tua dengan cabang di sekitar.

Di bawah pohon beringin, Nilkantha melihat seorang resi tua yang duduk "asana "dalam meditasi. Salah satu tangannya bertumpu. Dengan cahaya dalam kedamaian dan ketenangan resi tersebut, Nilkantha datang dan berdiri di depannya. Pada saat itu, mata sang Resi terbuka dan perhatiannya  langsung menuju Nilkantha. Melihat Nilkantha, hatinya dipenuhi dengan gelombang kebahagiaan. Dia berdiri menuju Nilkantha dan memeluknya seperti seorang teman lama.

Resi tersebut sangat gembira ketika melihat Nilkantha muda, ia meneteskan air mata sukacita. Dia yakin bahwa Purushottam Narayana sendiri telah datang untuk memberinya berkah hari itu. Resi mengatakan, "Saya yogi Gopala  dan pikiran saya tidak pernah tertarik kepada siapa pun, mata saya tidak pernah dibuka saat meditasi. Tapi hari ini  setelah Anda mendekati pohon ini, mata saya terbuka. Pikiran dan mata saya langsung ditarik kepada Anda. Oleh karena itu, O Bala Yogi! Tolong beritahu saya siapa Anda? Tolong ceritakan tentang dirimu. "

Nilkantha menjawab, "Aku adalah Parabrahman,. Tapi dari sudut pandang duniawi, saya anak seorang Brahmana dari Chhapaiya. Saya telah bepergian selama tiga tahun sejak aku meninggalkan rumah. Saya juga telah melakukan tapa (pertapaan) selama dua bulan di Pulhashram. Orang-orang memanggilku dengan nama Nilkantha. Saya ingin mencapai ashtanga yoga. "Mendengar ini Gopala Yogi sangat gembira," Saya telah mencapai kesempurnaan dalam ashtanga yoga. Aku akan mengajarkan segala sesuatu yang saya tahu. "

Dia menerima permintaan Nilkantha dan mengajarinya yoga setiap pagi dan sore. Secara bertahap, Nilkantha menguasai delapan tingkat ashtanga yoga: yama, niyama, asana, pratyahara, pranayam, dharana, Dhyana dan samadhi. Dia juga belajar berbagai latihan yoga, seperti kunjar, dhoti, neti dan basti. Dia menguasai semua yang Gopala Yogi ajarkan. Hanya dalam waktu satu tahun, Nilkantha menguasai pengetahuan itu, yang yogi lain tidak bisa menguasai dalam seumur hidup.

Gopala Yogi mengajarkan yoga kepada Nilkantha, dan, pada gilirannya, Nilkantha menjelaskan kepadanya pengetahuan atma dan Paramatma. Nilakantha memberikan berkat kepada Gopala Yogi bagaimana cara membebaskan jiwanya mencapai kesempurnaan abadi ( Moksa).

Lalu Nilkantha melanjutkan perjalanannya.

Terjemahan dari cerita :"Learning Yoga From Gopal Yogi" di http://kids.baps.org/storytime/learningyogafromgopalyogi.htm

1 komentar: