*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

3 Mainan : Tiga Jenis Orang


Seorang guru menunjukkan tiga mainan kepada para siswa dan meminta siswa untuk mengetahui perbedaannya. Ketiga mainan yang tampaknya identik dalam bentuk, ukuran dan material. Setelah pengamatan yang tajam, siswa mengamati lubang di mainan. Mainan pertama memiliki  dua lubang telinga. mainan kedua memiliki lubang telinga dan mulut. Mainan ketiga hanya memiliki satu lubang di satu telinga.


Kemudian Guru menyuruh siswa untuk memasukkan jarum dalam lubang telinga dari mainan Pertama. Jarum keluar dari lubang telinga lain. Lalu dilakukan pada mainan kedua, ketika jarum dimasukkan ke dalam telinga jarum keluar dari mulut. Dan pada mainan-3, ketika jarum dimasukkan ke dalam, jarum tidak keluar.

Kemudian Sang Guru memberikan wejangan kepada siswa : 

  1. Mainan pertama mewakili orang-orang di sekitar  yang memberikan kesan bahwa mereka mendengarkan Anda,peduli kepada Anda. Tapi mereka hanya berpura-pura untuk melakukannya. Setelah mendengarkan, seperti jarum keluar dari telinga ke lubang telingan lainnya, hal-hal yang Anda katakan kepada mereka hanya terlewat saja. Jadi berhati-hatilah saat Anda berbicara dengan jenis orang di sekitar Anda. Mungkin mereka hanya berpura-pura.
  2. Mainan kedua merupakan orang-orang yang mendengarkan segala hal dan memberikan kesan bahwa mereka peduli kepada Anda. Tapi seperti dalam mainan, jarum keluar dari mulut. Orang-orang ini akan menggunakan kata-kata Anda dan membicarakan Anda dihadapan orang lain dan membuat permasalahan yang baru.
  3. Mainan Ketiga, jarum tidak keluar lagi. Ini jenis orang yang menjaga rahasia dan mempercayai Anda. Mereka adalah orang-orang yang Anda dapat diandalkan.
Itulah  Tiga Jenis Orang....
Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment