*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Kebijaksanaan Sang Maharaja.


Pada suatu hari Maharaja datang untuk melakukan persembahan makanan kepada para Sadhu (Pinadita). Ia menyapa dengan penuh kasih dan mengisi mangkuk mereka sampai penuh. Para Sadhu memuji nama Maharaja karena memberikan makanan.  Saat mereka hendak memulai menyantap makanannya, dua sadhus tiba. Mereka belum mendapatkan makanan.

Maharaja menyadari bahwa tidak ada makanan lagi yang tersisa. Bagaimana Ia akan mengisi mangkuk mereka sekarang?

Maharaja berkata kepada kedua Sadhu itu, "Pergilah ke semua sadhus dengan membawa mangkuk kosong ini dan mintalah makanan sedikit kepada semua orang yang duduk disana."

Kedua Sadhu dengan membawa mangkuk mendatangi sadhu lainnya. Para Sadhu lainnya kemudian memberikan makananya sedikit kepada kedua Sadhu itu, hingga mangkuk mereka penuh dengan makanan.

Melihat hal itu, Maharaja memberikan wejangan kepada Sadhu, "Dengarkanlah! Mangkuk dua sadhus ini awalnya kosong. Tapi ketika mereka membungkuk dengan kerendahan hati untuk menerima apa yang Anda berikan, mangkuk mereka menjadi penuh dengan makanan. Demikian pula, di dalam ajaran Satsanga, jika Anda dengan rendah hati menerima kebaikan dan selalu berpikir positif dari semua orang maka hidup Anda akan menjadi penuh bijaksana.

Dengan selalu melihat kebaikan dari orang lain, hidup seseorang menjadi berbudi luhur dan bijak. Meluangkan waktu untuk melihat dan menerima kebajikan dari orang lain akan memperkaya hati dengan kasih sayang dan ketuhanan.

Terjemahan dari cerita : "A Single Virtue from Everyone" di http://kids.baps.org

0 komentar:

Post a Comment