*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Kilas Cerita : Pasraman Kilat PAUD Hindu Se-Jawa Barat Tahun 2013

Hari Sabtu, 9 Nopember 2013 merupakan hari yang sangat bersejarah dikarenakan di Pura Angkasa Amertha Dharma Jati dilaksanakan sebuah kegiatan besar dalam lingkup provinsi yaitu " Pasraman Kilat PAUD Se-Jawa Barat Tahun 2013. Kegiatan tersebut adalah kegiatan pertama kali dilaksanakan. Hal itulah yang mungkin menjadi salah satu kebanggaan bagi pengurus PAUD " Widya Kumara", Panitia dan seluruh umat Hindu di wilayah Bogor.

Dalam mempersiapkan kegiatan tersebut seluruh panitia mencurahkan segala tenaga, ide maupun materi yang ada. Pertemuan demi pertemuan pun dilakukan demi menampung seluruh aspirasi dari seluruh umat. Pada akhirnya disepakati bahwa tema yang diangkat adalah "Dengan Pasraman Kilat Kita Ciptakan Anak Hindu Yang Memiliki Kesadaran Beragama dan Kesadaran Lingkungan". Ulasan Kegiatan secara lengkapnya akan kami uraikan selanjutnya.

Dari Subuh para panitia sudah mempersiapkan sarana dan prasarananya, tenda sudah terpasang. Tuhan sudah memberikan anugerahnya dengan menampakkan Matahari, tentu itu yang diinginkan oleh semuanya. Karena sehari sebelumnya hujan deras mengguyur Bogor dan sekitarnya. 

Para Tamu satu persatu sudah hadir. Bapak Pembimas Hindu; Bapak I Nyoman Sukadi Arsa, S.Ag, M.Si  sudah hadir disusul oleh Bapak Ketua PHDI Kota Bogor; Ir. I Wayan Suastika, MM serta pejabat lainnya. Acara didahului dengan pelaksanaan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh dua pemangku. Persembahyangan terasa sangat khusuk diiringi alunan genta. Seluruh anak PAUD yang berasal dari Paud Pratama Widya Saraswati Cirebon; Paud Wira Loka Natha Cimahi, Paud Purna Pralina Kelapa Dua dan Paud Widya Kumara Bogor mengikuti persembahyangan. 

Setelah Persembahyangan Bersama. Acara inti pun dibuka dengan tarian penyambutan yang ditarikan oleh keempat siswa Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram. Dilanjutkan pembacaan Sloka oleh I Nyoman Insan Bhakti P dan I Gusti Indra S yang menyampaikan wejangan keutamaan sebagai manusia yang bersumber dari kitab suci Sarassamucaya. 

 Para tamu semakin memenuhi kursi-kursi yang disediakan oleh panitia. MC kemudian menyampaikan acara selanjutnya Laporan panitia serta sambutan dari Bapak Dan Lanud, Ketua PHDI dan Pembimas Hindu.

 Bapak Pembimas Hindu menyampaikan bahwa : anak-anak Hindu merupakan penerus generasi kita oleh karena itu melalui Pasraman Kilat ini merupakan momen penting dalam meningkatkan kebanggaan anak-anak terhadap agamanya. Beliau juga menyampaikan bahwa Pasraman Kilat bukan berari kegiatan yang cepat dan sebentar tanpa makna. Namun pasraman kilat diharapkan seperti halnya petir yang memiliki kekuatan yang besar dan memiliki makna yang dasyat. 

Untuk menutup acara pembukaan ditampilkan beberapa penampilan dari siswa PAUD Widya Kumara menyanyikan lagu-lagu Ganesha, Jagadhisa hare dll. Selanjutnya para peserta diberikan materi tentang " Tri Hita Karana" oleh 3 Narasumber yang berasal dari PAUD Pertiwi Abhilasa -Rawamangun.

Waktu demi waktu terlewati, anak-anak kemudian diajak melihat-lihat Pesawat di Kawasan Lanud Atang Sandjaya. Keceriaan muncul diraut muka para peserta. Anak-anak dengan senyum gembira melihat dan masuk ke dalam Pesawat Helikopter yang berada disalah satu Hanggar Skuadron 6.

Hari semakin sore, jadwal kegiatan masih ada beberapa yang belum terlaksana yaitu Lomba Ular Tangga, Lomba Mewarnai dan Lomba Penampilan. Namun dengan semangat semua lomba terlaksana dengan lancar. 

Acara terakhir yang ditunggu adalah Pengumuman Pemenang. Berikut ini Foto-Foto Pemenangnya : 
























1 komentar:

  1. Om swastiastu, dumogi dengan Pasraman Kilat, pengetahuan agama Hindu pada anak didik kita semakin meningkatkan.

    NB; niki maksudnya tgl 9 nggih, suksma

    ReplyDelete