*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Mari Kita Puja Dewa Ganesha !




Anak-anakku,
Sekarang akan kita bahas tentang Dewa Ganesha.

Kita sebagai umat Hindu menyembah Tuhan, dalam berbagai bentuk, dan dengan berbagai nama. Dewa Ganesha adalah salah satu personifikasi Tuhan yang penuh cinta yang disembah oleh semua, baik oleh anak-anak dan orang dewasa. 

Kita memuja Dewa Ganesha dengan berbagai nama seperti Vinayaga, Ganapati, Ganesha, Vigneshwar, Gajananar, Ayngaran. Tapi dia lebih dikenal dengan nama Ganesh dari yang lain, karena Beliau sumber kebijaksanaan.

Dewa Ganesha memiliki sosok yang aneh tapi indah, berwajah gajah dan tubuh manusia, Perut besar dengan ular diikat di sekitarnya. Dia memiliki empat tangan, masing-masing memegang 'Ankusa', modakam dan patahan Gadingnya. Telinga yang sangat besar, cukup besar untuk mendengar doa semua orang di dunia. Ia juga memiliki mata kebijaksanaan di tengah dahinya, seperti ayahnya Dewa Siwa. 
Mari kita lihat wajah dari Dewa Ganesha. Anda akan melihat sebuah keajaiban. Jika Anda lihat, dahi, mata, belalai melengkung. Anda akan melihat bentuk Mantra Pranava. 
Ini adalah fitur unik dari Dewa Ganesha itu. Pranawa Mantra 'Om' adalah dasar dari seluruh Semesta. Dewa Ganesha adalah sosok wakil dari Pranava Mantra ini. Pranawa Mantra 'Om' adalah dasar dari segala pengetahuan. Dan Dewa Ganesha adalah Tuhan dari semua pengetahuan.
Dewa Ganesha adalah anak tertua dari Dewa Siwa. Anak muda adalah Dewa Muruga atau Kartikeya. Putra tertua adalah Dewa pengetahuan dan si anak bungsu adalah Dewa Kekuatan. Dan dengan demikian mereka berdua merupakan dasar eksistensi bumi, pengetahuan dan kekuasaan, keduanya sangat dibutuhkan oleh kita. Benarkan?
Dewa Ganesha memiliki kekuatan luar biasa. Apakah Anda ingin tahu bagaimana? Anda mungkin memiliki alat seperti penjepit, pahat, obeng, kunci pas, dan sebagainya. Alat tersebut dapat anda gunakan untuk melepas Roda sepeda. Namun, apakah alat tersebut dapat anda pakai untuk melepas Jarum Jam Tangan anda? Nah, Anda tidak bisa. Untuk itu dibutuhkan alat khusus lainnya. Tapi belalai gajah memiliki kemampuan khusus seperti saya katakan sebelumnya, yang dapat mengambil Pin Kecil dari tanah  seperti halnya mengambil Batang Kayu yang besar.

Ajaran apa yang kita dapat dari Dewa Ganesha? 

Sama seperti belalai gajah memiliki kemampuan untuk menyaring air dari lumpur dan meminumnya untuk memuaskan dahaganya.  Kita  juga harus membuang kejahatan dan hanya mengambil apa yang terbaik. Selain itu, sama seperti belalai gajah membersihkan rintangan di jalan dan membantu hewan lain, kita juga harus membantu orang lain dan tidak egois. 


Sama seperti gajah mampu menangani dengan mudah kayu besar dan  pin kecil, Tuhan Ganesha juga tidak membedakan antara umat yang lebih besar dan lebih kecil dari umatnya, pekerjaan kecil dan pekerjaan besar, kecil dan doa doa besar. Dia menerima doa dari semua orang di bumi dan memberkati mereka semua.
Dewa  Ganesha memiliki 'Wahana' atau kendaraan seekor tikus. Tikus yang kecil menjadi Kendaraan dari Dewa Ganesha yang besar. Tikus biasanya membuat lubangkecil didinding rumah kemudian membuat sarang yang besar didalam tanah. Begitupun juga kita harus mengambil ilmu dari yang paling kecil, kemudian mengembangkannya.

Mari kita berdoa untuk Dewa Ganesha sehingga memberikan perlindungan kepada kita semua. “ Om Sri Maha Ganapataye Namah”.

0 komentar:

Post a Comment