Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram melaksanakan Yoga Massal dan Tirta Yatra

Cibubur- Minggu (25/3) dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 dilaksanakan Saka Yoga Festival yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek. Kegiatan ini juga menunjang program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kementerian Kesehatan, terutama implementasi aktivitas fisik masyarakat.

"Dalam hal ini kesehatan fisik dan spiritual harus terjaga.  Kegiatan Saka Yoga Festival dalam rangka hari raya Nyepi ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mereformasi diri kita agar menjadi semakin baik. Pelaksanaan yoga ini lebih digiatkan lagi kepada seluruh lapisan masyarakat yang terutama adalah keluarga. Dengan demikian dapat mendorong pelaksanaan yoga yang maksimal dan masif sehingga hasilnya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan setiap individu untuk menjadi insan yang lebih baik,” ungkapnya.

Gerakan yoga dimaksudkan untuk membudayakan perilaku hidup sehat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Aktivitas fisik yang tepat, terukur dan teratur diharapkan akan menyehatkan bukan hanya fisik, melainkan juga mental spiritual masyarakat. Menteri Nila berharap agar peran serta masyarakat dalam kegiatan di bidang kesehatan, utamanya promotif, preventif, termasuk Germas akan semakin meningkat di masa mendatang.

Germas adalah bagian dari upaya promotif-preventif guna mengubah pola pikir (mindsetting) dari paradigma sakit menjadi paradigma sehat. Upaya ini akan berhasil jika semua elemen masyarakat turut mensukseskannya, dan memberikan teladan bagi masyarakat di lingkungan kita dengan berperilaku sehat. “Sebab kesehatan adalah anugerah Tuhan yang sangat berharga. Oleh karena itu harus selalu kita jaga dan pelihara dengan sungguh-sungguh sepanjang hidup kita.

Kegiatan ini didukung oleh kurang lebih 2000 Peserta yang berasal dari umat Hindu di sekitar Jabodetabek. Di dukung oleh puluhan Instruktur Yoga dari Seruling Dewata. Dalam kesempatan ini  78 siswa yang berasal dari Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram dan Pura Angkasa Amertha Dharma Jati pun ikut meramaikan acara Saka Yoga Festival ini. Sekitar pukul 05.00 WIB mereka bersiap berangkat menuju ke lokasi yoga yaitu lapangan Kempa I Garuda Bumi Perkemahan dan Wisata Pramuka (Buperta), Cibubur, Jakarta Timur.

Sesampainya dilokasi, para siswa dan orang tua langsung registrasi serta menempati posisi masing-masing,  tak lupa menggunakan matras sebagai alas. Para peserta sangat antusias mendengarkan instruksi dari Instruktur Yoga. Diawali Pavana Muktasana sebagai gerakan awal pemanasan dalam yoga.
Selanjutnya para peserta melakukan Gerakan Surya Namaskar dan Candra Namaskar. Perlu diketahui bersama bahwa Chandra Namaskar adalah refleksi dari Surya Namaskar (Penghormatan kepada Matahari), bulan tidak memiliki cahaya sendiri tetapi memantulkan sinar matahari. Urutan asana sama dengan Surya Namaskar kecuali Ardha Chandrasana dilakukan setelah Ashwa Sanchalanasana. Chandra Namaskar paling baik dipraktekkan di malam hari, terutama saat bulan terlihat. Sementara berlatih di malam hari, pastikan perut dalam keadaan kosong.
Chandra Namaskar membantu kita menghubungkan diri dengan Energi Bulan, yang memiliki sifat sejuk, santai, dan berseri. Chandra Namaskar juga memperkuat tulang belakang, paha belakang, dan punggung kaki; memperkuat otot kaki, lengan, punggung, dan perut. Seperti semua praktek yoga lainnya, penting bahwa ketika Anda belajar Chandra Namaskar harus di bawah pengawasan dan bimbingan. Serta diperlukan Persiapan Sebelum Melakukan Yoga.
Beberapa pose kombinasi diinstruksikan antara lain Garudasana dan Dhanurasana. Pose yoga Dhanurasana mampu merenggangkan otot perut dan meningkatkan fleksibilitas tubuh, terutama tulang punggung. Pose ini memiliki efek menenangkan di seluruh tubuh. Dengan melakukan pose yoga ini, lemak di perut dan punggung juga berkurang.
Teriknya sinar matahari tidak membuat surut semangat para peserta mengikuti instruksi yang disampaikan oleh Instruktur. Hingga akhirnya relaksasi dilakukan. Para peserta mengikuti kegiatan ini mendapatkan banyak manfaat  selain kesehatan dan kebugaran juga mendapatkan pengetahuan baru tentang pose yoga yang belum pernah dilakukan dilingkungan pura masing masing.  Selain itu pengetahuan tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan yoga.

Selain mengikuti kegiatan Yoga massal ini, siswa Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram juga lagsung melaksanakan tirta yatra ke Pura Penataran Agung Kertha Bumi Taman Mini Indonesia Indah. Disana mereka disambut oleh pengurus pura dengan ramah. Dengan diiringi hujan deras pinandita memimpin persembahyangan bersama, iringan genta dan lantunan mantra menambah suasana semakin kidmat. 

Mengunjungi tempat suci atau tirta yatra merupakan sebuah bhakti siswa Hindu. Selain memupuk kecintaan para siswa terhadap tempat suci Hindu juga menumbuhkan rasa kebersamaan antar siswa dengan umat Hindu di wilayah lain.

"Kita melaksanakan Yoga di Cibubur untuk menjaga kesehatan Jasmani sedangkan dengan kegiatan Tirta Yatra ini  kita menjaga kesehatan rohani. Sehingga lengkap sudah" tandas Paryanto,S.Ag pada saat menyampaikan sambutannya. 
Menurut dia, Yoga sudah menjadi kegiatan rutin bagi siswa Pasraman Ganesha. Kegiatan Yoga dilakukan setiap minggu ke 4. Sedangkan kegiatan Tirta Yatra ini akan menjadi program tahunan yang dilakukan. (ary).

2 comments:

  1. Kegiatan yang sangat bermanfaat sekali untuk menyehatkan masyarakat dan mengajarkan mereka olahraga yang sehat!

    Salam dari desonline.org

    ReplyDelete
  2. CrownQQ | Agen Domino QQ | BandarQ | Domino99 Online Terbesar

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan CrownQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    Games Yang di Hadirkan CrownQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ CrownQQ
    BBM : 2B382398
    FB : AgenCrownqq
    Twitter : crown_qq

    ReplyDelete