*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Doa Makan dalam Agama Hindu dan Tujuannya

Mantra yang berasal dari Tuhan yang tidak pernah sirna, dimana dalam mantra tersebut bersemayam juga para Dewa, tetapi seseorang yang tidak mengetahui arti mantra-mantra tersebut, dia tidak akan mendapatkan apa-apa sedangkan mereka yang memahami artinya akan mendapatkan pahala dari mantra tersebut ( Atharvaveda: 9.10.18 ).

Doa adalah ungkapan perasaan seseorang yang pada umumya di tujukan kepada Tuhan baik yang diucapkan maupun hanya dalam hati. Doa yang diucapkan maupun tidak diucapkan semua dibenarkan dalam Hindu. Hal ini tergantung pada situasi dan kondisi. Pujalah Tuhan dalam hati itu terdapat dalam Regveda : 8.44.15. Sesuai dengan Hukum Getaran bahwa setiap benda adalah bergetar maka doa yang diucapkan dalam hati akan menggetarkan microkosmos / alam kecil kita. Sedangkan doa yang diucapkan secara keras dan berulang-ulang maka akan menggetarkan makrocosmos / alam besar beserta benda-benda dan mahluk hidup yang ada disekitarnya.

Setiap orang Hindu pasti berdoa terlebih dahulu sebelum memulai makan, entah saat makan di pagi hari, di siang hari, di malam hari, atau bahkan di saat sedang makan makanan ringan. Para orang tua juga mengajarkan anak-anaknya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum menyantap makanan mereka. Hal ini sudah menjadi kebiasaan orang pada umumnya, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Ada beberapa contoh doa sebelum makan antara lain :

1. Doa Menjelang makan

Om Ang kang kasol kaya isana ya namah, svasti-svasti sarva deva bhuta sukha, pradhana purusa sang yoga ya namah.

Ya Hyang Widhi, yang bergelar Isana, hamba persembahkan seluruh makanan ini kehadapan-Mu, semoga semua makhluk berbahagia.

2. Doa Mulai Makan
Om Anugraha Amertadi sanjivani ya namah svaha. 

Ya Hyang Widhi, semoga makanan ini menjadi penghidupan hamba lahir bathin yang suci.

3. Doa Selesai Makan
Om Dhirgayur astu, avighnam astu subham astu 
Om Sriyam bhavantu, purnam bhavantu, ksama sampurna ya namah svaha. 

Ya Hyang Widhi, semoga makanan yang telah masuk ke dalam badan hamba memberi kekuatan, keselamatan, panjang umur dan tak kena halngan apapun. Demikian pula agar hamba mendapatkan kebahagiaan dan suka cita dengan sempurna.

Selain doa di atas dapat pula menggunakan doa di bawah ini :

1. Mantra makan dalam Yajurveda XI.83 :
"Om Annapate annasya
no dehyanmivasya susminah
pra-pra dataran tarisa urjan
no dehi dvipade catuspade"


Ya Tuhan Yang Maha Kuasa , penguasa makanan,
semoga anugrah ini memberikan kekuatan , menjauhkan penyakit,
Bimbinglah kami , anugerahkan kekuatan kepada mahluk berkaki empat dan dua.

2. Mantra Makan dalam Bhagavad Gita
"Brahmaarpanam Brahma Havir
Brahmaagnau Brahmanaa Hutam
Brahmaiva Tena Gantavyam
Brahma Karma Samaadhinaha"


dipujanya Brahman, persembahannya Brahman
oleh Brahman dipersembahkan dalam api Brahman
dengan memusatkan meditasinya kepada Brahman
dalam kerja ia mencapai Brahman


Berdoa untuk makanan adalah suatu hal yang sangat baik dan dalam kitab suci Veda juga dijelaskan bahwa kita harus berdoa terlebih dahulu sebelum, menjelang dan selesai menyantap makanan. Walaupun demikian, apakah kita tahu dan paham alasan mengapa kita perlu berdoa sebelum makan?

Dalam artikel ini, saya berupaya untuk menjelaskan pentingnya berdoa sebelum makan, sehingga kita akan lebih memaknai doa ini. Dalam hal ini, sayamenemukan bahwa ada tiga alasan mengapa kita perlu berdoa sebelum makan.

Mengucap Rasa Terima Kasih

Alasan pertama mengapa kita perlu berdoa sebelum makan adalah untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Segala sesuatu yang kita peroleh adalah berasal dari Tuhan,termasuk makanan yang kita miliki, dan sebagai Penyedia segala keperluan kitamaka Tuhan layak mendapatkan ucapan syukur kita.

Melalui dua ayat di atas, kita harus menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini adalah berasal dari Tuhan. Tuhanlah yang menciptakan semuanya dan Tuhanlah yang menjadi alasan untuk semuanyamenjadi ada. Maka dari itu, kita juga harus menyadari bahwa makanan yang kitamiliki adalah pemberian dari Tuhan.

Lebih dari itu, kita juga memahami bahwa makanan yang kita milikiadalah hasil dari alam yang sudah diberikan Tuhan untuk dikelola oleh manusia.Setiap hasil alam adalah berkat pemberian Tuhan kepada manusia agar manusiadapat memiliki sesuatu untuk di makan sehingga manusia dapat bertahan hidup.

Menolak sifat-sifat Negatif dalam Makanan

Alasan kedua mengapa kita perlu berdoa sebelum makan adalah untuk menolak sifat-sifat negatif dalam Makanan . Mungkin alasan kedua ini membuat sebagian dari kita bingung dan bertanya apa mungkin sifat-sifat negatif bisa masuk ke dalam makanan kita. Alasan kedua ini bukannya mengada-ada, tetapi adalah fakta di mana ada penjual-penjual makanan ingin melariskan makanan yang mereka jual. Kita semua pasti pernah mendengar cerita-cerita tentang penjual-penjual makanan memakai ilmu hitam untuk menarik pengunjung datang membeli makanan mereka, dan hal ini bukanlah cerita dongeng atau isapan jempol belaka, namun kisah nyata.

Selain itu, bagi kita yang memasak di rumah, kita juga tidak pernah tahu apakah bahan-bahan baku dari makanan yang kita beli. Oleh sebab itu, apabila kita ingin berdoa untuk makanan yang akan kita santap, kita harus mendoakan agar Tuhan memberikan berkah kepada makanan yang kita santap.

Lebih dari itu, kita juga tidak tahu apakah ada kesalahan yang telah terjadi saat makanan tersebut dipersiapkan, misalnya ada bahan baku yang basi atau rusak, mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, dan bahkan yang kadarluarsa. Apabila kita berdoa, Tuhan bisa menjaga kita dari hal-hal yang mengganggu kesehatan tubuh kita karena kesalahan dari bahan baku makanan kita.

Demikian sedikit ulasan tentang doa makan dalam Agama Hindu. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment