*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

5 Tips mengajarkan Meditasi kepada Anak-Anak

Meditasi bagi anak-anak. Meditasi yang umumnya hanya dilakukan oleh orang dewasa selama bertahun-tahun, tapi kini semua mulai berubah. Ada peningkatan minat  anak-anak untuk belajar meditasi untuk membantu mereka menjadi rileks, tenang dan mengajarkan mereka tentang hubungan pikirannya dengan tubuh mereka. Semua orang bisa belajar meditasi bukan hanya pakar meditasi, guru, orang tua maupun anak-anak. 

Meditasi
Gbr1. Belajar Meditasi
Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu Anda mulai belajar meditasi:

1. Nafas adalah Dasar - Para pakar meditasi telah menjelaskan bahwa dalam meditasi, nafas adalah awal dan titik akhir untuk semua jenis meditasi. Kita dalam setiap saat memerlukan napas , oleh karena itu menjadi  Nafas menjadi hal yang penting bagi kita. Dengan mengatur nafas dapat membantu kita untuk memfokuskan pikiran. Anak-anak juga bisa belajar  tentang hal ini- Ketika mengatur napas, bagaimana dada mereka naik dan turun ketika bernafas, Cobalah tunjukkan kepada anak-anak anda. 

2. Ajari Mereka dengan tidak memaksa- Kita bisa membimbing anak-anak tentang bagaimana cara duduk, menutup mata dan sebagainya, tetapi jika mereka tidak ingin menutup mata mereka, maka jangan memaksa mereka. Jika mereka suka berbaring atau duduk santai maka coba anda minta mereka untuk memejamkan mata.

Meditasi bagi anak
Gbr 2. Anak bermeditasi
3. Gunakan imajinasi Anda - Cobalah memandu anak-anak bermeditasi. Suruh anak-anak memejamkan mata. Lalu mulailah berimajinasi, anak-anak suruh membayangkan sesuatu yang damai dan indah. Misalnya anda ceritakan ketika mereka bermain di padang rumput yang luas dan indah. Bunga-bunga indah disekelilingnya, serta hembusan angin sepoi-sepoi.  Ajaklah pikiran anak menyelami indahnya imajinasi itu sehingga mereka menjadi rilexs dan tenang. 

4. Bersabar - Ada banyak cara untuk belajar meditasi. Namun hanya anda harus bersabar dan jangan terlalu terikat kepada hasilnya. Cobalah amati anak-anak setelah melakukan meditasi. Jika anak-anak masih gelisah, mungkin mereka ingin lebih banyak bermain maka anda harus memberikan waktu kepada mereka untuk bermain sejenak agar mereka tidak merasa bosan. Jika mereka tidak tahan bersila maka dapat ditambahkan bantal agar mereka tetap nyaman.  

Meditasi bagi anak

5. Ikutlah Belajar - Belajar meditasi adalah seperti jalan dua arah. Ketika anda mengajarkan meditasi kepada anak-anak maka anda harus juga memberikan contoh. Misalnya memejamkan mata maka anda pun harus melakukannya.  Dengan begitu maka proses belajar meditasi menjadi menyenangkan dan anak-anak dapat fokus pada sikap anda yang benar. 

Demikian 5 Tips mengajarkan meditasi kepada anak-anak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar: