*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Malam Shiva (shivaratri), malam introspeksi diri

Om swastyastu, semoga umat sedharma dalam keadaan sehat dan sejahtera. Kalau kita lihat di kalender Bali tahun 2016, tanggal 8 Januari diberi lingkaran merah. Hal itu menandakan adanya sebuah hari raya Hindu yaitu hari raya Shivaratri. 

Hari raya Shivaratri kali ini tepat pada hari Jumat Paing wuku gumbreg sasih Kepitu. Hari raya Shivaratri merupakan malam perenungan atau instrospeksi diri. 


Terkait pelaksanaan Brata Shivaratri dari sejak dahulu kita sudah diperkenalkan kisah sang pemburu yang bernama Lubdaka. Kisah ini menceritakan seorang pemburu yang merasa takut diserang oleh binatang buas di malam hari. Akhirnya dia naik ke atas pohon bilwa. Tanpa ia sadari bahwa malam itu adalah malam yang paling gelap atau malam dimana Dewa Shiva melakukan samadhi. Agar tetap terjaga, Sang lubdaka memetik satu per satu daun bilwa itu. Daun bilwa tersebut mengenai Lingga yoni yang ternyata berada tepat di bawah pohon. Dari cerita itulah maka sampai saat ini umat Hindu melakukan brata shivaratri dengan :

  1. Upawasa :Mengendalikan makan dan minum.
  2. Jagra : Tidak tidur. Hal ini memberikan ajaran kepada kita agar tetap sadar. Sadar akan perbuatan yang kita lakukan, Perkataan yang kita ucap dan pikiran kita.
  3. Mona brata : tidak berbicara/ mengendalikan perkataan. Ibarat pisau bermata dua, lidah dapat menyebabkan kebaikan dan keburukan, suka dan duka,kelahiran dan kematian.  Oleh karena itulah maka kita harus dapat mengendalikannya. 

Pada malam Shivaratri, umat Hindu selain melakukan ketiga brata tersebut juga melaksanakan Japa 1008 nama Shiva atau sahasranama shiva, agni hotra atau juga Dharma tula/diskusi keagamaan. Berikut adalah foto kegiatan  malam Shivaratri diberbagai daerah. 

Agni hotra di Palembang
Dharma Tula di Malang Jawa Timur.

Japa Sahasranama Shiva di Pura Aditya Jaya Rawamangun.

Demikian sedikit kilasan tentang kegiatan malam shivaratri. Semoga dengan kegiatan ini, umat Hindu diseluruh pelosok nusantara yang belum melaksanakannya dapat tergugah dan melakukannya pada hari raya Shivaratri tahun depan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Swaha.

1 komentar:

  1. HP Advan Vandroid Indonesia merupakan situs web yang mengulas harga dan spesifikasi Tablet dan HP Advan Vandroid terbaru.

    Advan S5J Demi dapat bersaing dengan produsen-produsen smartphone lainnya, nampaknya Advan semakin gencar saja untuk terus memproduksi produk-produknya ke pasaran.

    Advan S5e Agar dapat bersaingan dan bertahan dengan jutaan produk ponsel yang ada dipasaran, produsen gadget khususnya ponsel memang harus rajin-rajin mengelurakan produknya kepasaran.

    Advan S4a Sebagai sebuah vendor ponsel yang diperhitungkan, Advan nampaknya memang terus- menerus mengeluarkan sebuah smartphone terbarunya ke pasaran agar dapar terus bersaing dengan produk ponsel lainnya serta dapat menunjukkan eksistensinya di dunia bisnis ponsel.

    Advan S4e Dengan semakin meningkatkan kebutuhan hidup serta persaingan yang begitu ketat, serta kebutuhan komunikasi yang semakin tak bisa lagi untuk ditinggalkan membuat banyak orang yang kemudian mencari sebuah smartphone mumpuni namun dibandrol dengan harga yang murah terlebih lagi dibawah 1 jutaan.

    Advan S3A Kesuksesan yang dibawa oleh Advan saat menghadirkan smartphone berukuran layar yang tak begitu lebar yaitu 3.0 inchi nampaknya ingin kembai diambil kembali oleh Advan.

    Advan S4m Mendengar nama Advan tentunya sudah menjadi suatu hal yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. karena memang Advan merupakan vendor lokal yang selalu saja rutin dan rajin dalam mengeluarkan produk-produknya dipasaran.

    Advan x7 Kemunculan vendor lokal bertajuk advan memang memberikan suatu warna tersendiri dalam dunia bisnis ponsel tanah air

    Jika anda sedang mencari sebuah smartphone dan memiliki banyak fitur-fitur lengkap namun harganya hanya dibawah 1 jutaan. Maka jangan lupa untuk memasukkan salah satu produk Advan yaitu Advan S4K

    ReplyDelete