*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Makna Melakukan Yajna

Om Swastyastu,

Setiap umat Hindu sudah tidak asing dengan kata Yajna. Kata Yajna berasal dari bahasa Sansekerta yaitu dari kata Yaj berarti "Memuja atau memberi penghormatan". Juga diartikan"mempersembahkan atau tindakan sebagai perantara". Dari Yaj timbul kata Yajna (kata-kata dalam pemujaan), Yajata (layak memperoleh penghormatan), Yajus (sakral, ritus, agama) dan Yajna (pemujaan, doa persembahan).

Yajna dapat pula diartikan memuja, menghormati, berkorban, mengabdi, berbuat kebajkan, memberi dan penyerahan tulus ikhlas berupa apa yang dimiliki demi kesejahteraan, kesempurnaan hidup bersama dan kemahamuliaan Hyang Widhi. Itu berarti Yajna mengandung nilai :
  1. Rasa tulus ikhlas dan kesucian;
  2. Rasa bhakti dan memuja Hyang Widhi, Dewa, Bhatara, Leluhur, Negara, Bangsa dan kemanusiaan;
  3. Pelaksanaanya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing menurut tempat (desa), Waktu (kala) dan Keadaan (Patra);
  4. Suatu ajaran dari Catur Weda sebagai sumber ilmu pengetahuan suci dan kebenaran abadi.
ngaben di Bali
Photo by Nak Monoh
Umat Hindu di Bali misalnya memahami upacara yajna sebagai kewajiban yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kewajiban ini berdasarkan atas keyakinan bahwa Hyang Widhi menciptakan alam semesta beserta isinya, manusia dan mahluk hidup lainnya dengan yajna. Hal ini dicetuskan dalam Bhagawad Gita III.10

Sahayajnah prajah stristva
Puro vacha prajapatih
anena prasavisya dhivam
esa vo stvishta kamadhuk

Hyang Widhi (Prajapati) menciptakan manusia dengan yajna dan bersabda:"dengan ini (yajna) engkau akan berkembang dan mendapat kebahagiaan sesuai dengan keinginanmu".


Bhagawad Gita III.11 menjelaskan :

Devan bhavayata nena
te deva bhavayantuvah
parasparambhavayantah
sreyah paramavapsyatha

Dengan Yajna, kami berbhakti kepada Hyang Widhi dan dengan ini pula Hyang Widhi memelihara dan mengasihi kamu, jadi dengan saling memelihara satu sama lain, kamu akan mencapai kebaikan yang maha tinggi.

Jelaslah bahwa yajna berarti suatu perbuatan suci yang didasarkan atas cinta kasih, pengabdian tulus iklas, tanpa pamrih. Hal ini didasari kesadaran bahwa Hyang Widhi menciptakan alam ini dengan Yajna-Nya. Penciptaan alam dan isinya didasarkan atas korban suci Nya, cinta dan kasih Nya sehingga alam semesta, manusia dan segala mahluk dapat hidup dan berkembang dengan baik.

sulinggih mepuja
Photo by Nak Monoh

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Makna penting upacara Yajna antara lain :
  1. Upacara yajna sebagai realisasi kongkret pengalaman Panca Sradha,yakni percaya dengan adanya Brahman, Atman, Karma Phala, Samsara dan Moksa.
  2. Upacaray yajna adalah wujud keiklasan umat Hindu melakukan persembahan suci pada Hyang Widhi (Dewa Yajna), Kepada leluhur (Pitra Yajna), Kepada pendeta dan guru (Rsi Yajna), Kepada sesama manusia (Manusa Yajna) dan kepada alam (Bhuta Yajna).
  3. Upacara Yajna juga bermakna sebagai ungkapan rasa syukur atas segala anugerah-Nya.
banten bali
Photo by Nak Monoh
Demikian sekilas tentang makna melakukan Yajna. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. 









0 komentar:

Post a Comment