*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Makna Atribut Dewa-Dewi Hindu

Om Swastyastu, para pembaca dan bhakta se-dharma yang berbahagia dan sejahtera. Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Sivaratri atau Malam perenungan. Sudah waktunya kita menggali ke dalam diri. Ketika malam Sivaratri kita melakukan kegiatan Mona Brata (Tidak berbicara), Jagra (Tidak Tidur) dan Upawasa, atau kata orang sekarang Puasa (tidak makan dan minum). 

Nah kali ini, Saya tidak akan membahas tentang hari raya Sivaratri. Namun akan membahas tentang makna simbol atribut Dewa-Dewi Hindu. Anda tentu sudah tahu kan tentang atribut-atribut yang ada pada penggambaran Dewa-Dewi Hindu. Misalnya Dewa Shiva. Dewa Shiva dalam penggambarannya terdapat atribut Tri Sula, Damru (genderang), Ular Cobra dan duduk diatas kulit harimau. Semua itu memiliki makna-makna tertentu. 

Shiva

Trisula merupakan simbol dari keseimbangan dari tiga kekuatan penciptaan, pemeliharaan dan peleburan. Simbol dari Tiga aspek kesadaran serta simbol dari Tiga sifat dasar (Tri Guna) -Satva, Rajas dan Tamas.

Damru (Genderang) merupakan simbol dari kekuatan ritme dari detak jantung. 

Ular merupakan simbol dari nafsu yang sudah dikendalikan. Kekuatan mental ada di bawah kendali Tuhan.

Kulit Harimau merupakan simbol dari pikiran yang menghuni keinginan.

Mala (tasbih) berfungsi sebagai alat penyangga yang ampuh. Menggunakan Mala akan menghilangkan kegugupan, gangguan dan menenangkan pikiran serta mudah berinteraksi dengan Tuhan.

Selain atribut Dewa Shiva, juga dalam penggambaran Dewa-Dewi Hindu terdapat bermacam atribut. Berikut ini adalah makna-maknanya.

Pedang merupakan simbol kekuatan untuk menghilangkan ketakutan dan menghancurkan kebodohan dan membantu para Bhakta melewati semua kesulitan.

Perisai merupakan simbol kekuatan untuk melindungi dari masalah.

Beliung (Ankusha) merupakan alat untuk mengendalikan Gajah. Hal ini merupakan simbol dari pengendali dan pemutus ikatan keinginan.

Sangkakala merupakan simbol dari suara ombak, suara murni yang memberikan kebebasan dari manusia. Suara ini menyimbolkan suara AUM.

Chakra merupakan simbol Dharma yang berputar sendiri pada porosnya yang akan memotong rintangan dan menghancurkan ketidakharmonisan dan ketidakseimbangan.

Gada merupakan terbuat dari logam yang merupakan elemen tanah. Hal ini merupakan simbol alat untuk tetap mengendalikan bumi.

hanuman dengan senjata gada

Panah merupakan simbol alat penghancur nafsu dan keinginan duniawi.

Kapak merupakan senjata pertama yang diciptakan oleh manusia. Hal ini digunakan sebagai simbol penghancur semua rintangan. 

Tikus  merupakan simbol dari kecerdasan intuitif, menghancurkan kelemahan untuk menemukan keagungan diri.

Kepala Gajah, Dewa Ganesha digambarkan berkepala gajah. Itu merupakakan simbol kebijaksanaan dan keagungan.

Gading Ganesha, Dewa Ganesha terlihat hanya memiliki satu gading. Hal itu merupakan simbol keberadaan yang tidak ada duanya.

Kitab suci  merupakan simbol pengetahuan suci.

Bejana merupakan simbol tempat tirta amerta, air keabadian.

Tengkorak merupakan simbol rasa mengatasi ketakutan akan kematian

Manisan (laddu) merupakan simbol keadaan yang murni. Hal ini memberikan kesehatan dan kemakmuran bagi manusia.

Empat lengan merupakan simbol keagungan dan kesadaran Tuhan.

Jalinan Rambut, rambut Dewa Shiba dijalin melambangkan dunia rohani yang tinggi, suci dan tidak dapat dimasuki oleh orang yang tidak memiliki cukup kekuatan spiritual dan kesucian.

Bulan, merupakan simbol pikiran yang hening dan murni.

Warna kulit Krishna yang berwarna biru merupakan simbol kesadaran yang tidak terbatas dan pengetahuan tertinggi.

Seruling merupakan simbol Bhakta yang telah melampaui ego dirinya.

Demikian sedikit tentang makna atribut dalam Dewa-Dewi Hindu, semoga bermanfaat. Bilamana ada ketidaksesuaian mohon kiranya dapat disampaikan di koment, email atau melalui link diskusi.








1 komentar:

  1. HP Advan Vandroid Indonesia merupakan situs web yang mengulas harga dan spesifikasi Tablet dan HP Advan Vandroid terbaru.

    Advan S5J Demi dapat bersaing dengan produsen-produsen smartphone lainnya, nampaknya Advan semakin gencar saja untuk terus memproduksi produk-produknya ke pasaran.

    Advan S5e Agar dapat bersaingan dan bertahan dengan jutaan produk ponsel yang ada dipasaran, produsen gadget khususnya ponsel memang harus rajin-rajin mengelurakan produknya kepasaran.

    Advan S4a Sebagai sebuah vendor ponsel yang diperhitungkan, Advan nampaknya memang terus- menerus mengeluarkan sebuah smartphone terbarunya ke pasaran agar dapar terus bersaing dengan produk ponsel lainnya serta dapat menunjukkan eksistensinya di dunia bisnis ponsel.

    Advan S4e Dengan semakin meningkatkan kebutuhan hidup serta persaingan yang begitu ketat, serta kebutuhan komunikasi yang semakin tak bisa lagi untuk ditinggalkan membuat banyak orang yang kemudian mencari sebuah smartphone mumpuni namun dibandrol dengan harga yang murah terlebih lagi dibawah 1 jutaan.

    Advan S3A Kesuksesan yang dibawa oleh Advan saat menghadirkan smartphone berukuran layar yang tak begitu lebar yaitu 3.0 inchi nampaknya ingin kembai diambil kembali oleh Advan.

    Advan S4m Mendengar nama Advan tentunya sudah menjadi suatu hal yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. karena memang Advan merupakan vendor lokal yang selalu saja rutin dan rajin dalam mengeluarkan produk-produknya dipasaran.

    Advan x7 Kemunculan vendor lokal bertajuk advan memang memberikan suatu warna tersendiri dalam dunia bisnis ponsel tanah air

    Jika anda sedang mencari sebuah smartphone dan memiliki banyak fitur-fitur lengkap namun harganya hanya dibawah 1 jutaan. Maka jangan lupa untuk memasukkan salah satu produk Advan yaitu Advan S4K

    ReplyDelete