*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Misteri dan Makna Angka dalam Pandangan Hindu (Bagian 1)

Pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk menjelaskan makna simbolis angka dari satu sampai sepuluh dari perspektif Hindu dan hubungan mereka dengan beberapa konsep penting dan dewa Hindu. Sebagian besar isi di dalam artikel ini adalah hasil pengamatan dari penulis yang tidak ditemukan di tempat lain. Artikel ini merupakan upaya untuk melakukan pengkajian terhadap angka berkaitan dengan ritual keagamaan Hindu atau Dewa-dewi Hindu

Orang-orang di India kuno menjalani kehidupannya yang sangat religius. Mereka berdoa dan menyembah dewa dengan penuh keyakinan. Mereka percaya bahwa tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai pembebasan dari siklus kelahiran dan kematian. Mereka tidak mau melakukan tindakan yang menyimpang dari ajaran agama. Kenikmatan hidup dan kekayaan materi bukanlah tujuan akhir. Tujuan tertinggi adalah moksha atau pembebasan melalui disiplin spiritual dan penyerah diri. 

Sikap mereka tercermin dalam aspek kehidupan mereka. Apakah itu dalam menjalankan tugas, studi Weda, merawat ternak, atau segala yang berurusan dengan duniawi, mereka memohon kepada dewa melalui praktek dharma. Mereka mencerminkan sikap yang sama dalam menggunakan angka dan percaya mereka untuk menjadi simbol masing-masing memiliki potensi dan makna simbolis sendiri Mereka percaya bahwa angka dapat digunakan dalam praktek agama dan disiplin spiritual untuk referensi dewa dan atribut mereka.

Dalam paragraf berikutnya kita akan mencoba untuk mengeksplorasi makna simbolis yang tersembunyi di dalam angka dari nol sampai sepuluh. 

Nol, Shunya

Nol adalah simbol dari Nirguna Brahman atau Brahman yang tanpa bentuk dan tanpa kualitas. Nirguna Brahman adalah Tuhan yang abadi. Tidak banyak yang dapat mengambarkan tentang Beliau. Dia adalah tidak berpribadi/tidak terpikirkan (acintya). Jadi adalah nol. Tidak ada yang tahu pasti apa nomor ini, apa yang diwakilinya dan nilai yang sebenarnya. Apa yang kita tahu tentang hal itu hanyalah asumsi. Hukum-hukum fisika alam semesta tidak berlaku untuk angka nol. Angka Nol sebagai penghubung antara alam fisik dan metafisik dan antara akal dan keyakinan. Tanpa bentuk, tanpa kualitas, tanpa awal dan tanpa akhir.

makna angka nol dalam Hindu

Sulit untuk mengatakan apakah dia ada atau tidak, apakah dia adalah nomor atau bukan, karena tidak ada yang tahu pasti. Ini adalah kekosongan. Hingga serta tak terbatas, yang pertama dan yang terakhir, yang terkecil dan juga yang terbesar dari semua, Dia tidak bisa dihancurkan atau dihapus. Anda dapat menemukannya di mana-mana, tersembunyi di setiap nomor lainnya. Nomor yang anda kalikan dengannya menjadi nol, tetapi jika Anda tahu cara yang tepat maka akan mendapatkan angka yang paling tinggi. Tidak ada simbol lain dalam pengetahuan kita yang dapat mewakili Brahman dengan  kesederhanaan tersebut.

Satu, Eka

Salah satunya adalah simbol dari Saguna Brahman atau Brahman dengan kualitas dan bentuk. Saguna Brahman adalah Brahman yang mempersonifikasikan diri melalui seluruh ciptaanNya. Dia juga disebut jiwa kosmik atau Hiranyagarbha. Dia menciptakan dunia dan makhluk dengan kehendak dan kekuatan. Dia adalah Brahma, Wisnu dan Siwa dan semua para dewa. Dia disebut sebagai tadvanam. Dia berada di luar jangkauan indera dan pikiran. Dia adalah kebahagiaan pikiran yang dialami oleh para pemuja dalam keadaan samadhi.

makna angka satu dalam hindu

Seperti halnya Saguna Brahman, angka satu adalah yang pertama tercipta. Bukan nol yang menciptakan nomor lain, tapi benar-benar nomor satu. Sama seperti Brahman ada di mana-mana di seluruh ciptaan-Nya, angka satu ada dalam setiap nomor yang lain. Nilai dari nomor lain akan meningkat jika kita menempatkan angka satu di depannya. Hal ini seperti halnya jika kita memuja Tuhan pertama kali sebelum melakukan aktifitas sehari-hari.

Selain itu, Angka satu juga melambangkan atman, jiwa individu. Atman adalah Brahman dalam aspek mikrokosmos Nya. Atman adalah nomor satu yang tersembunyi dalam setiap nomor lainnya. Ini adalah esensi dari yang kekal.  Menurut ajaran advaita, Brahman dan Atman adalah satu, realitas yang sama dan pada akhirnya Atman menjadi Brahman. Dalam konsep Dvaita percaya bahwa keduanya berbeda dan bahwa meskipun mereka adalah sama pada dasarnya mereka tidak pernah bersatu, tapi tetap berbeda untuk selama-lamanya. Menurut mereka, jiwa individu dapat mencapai realisasi diri tetapi akan terus ada selamanya sebagai diri yang terpisah.

Demikian tentang makna angka dalam agama Hindu. Kita lanjutkan dalam pembahasan makna angka-angka yang lainnya. 

0 komentar:

Post a Comment