*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Kelahiran Menjadi Manusia dalam pandangan Hindu

Kelahiran sebagai manusia adalah anugerah yang paling berharga yang diberikan oleh Tuhan. Para rsi dan pertapa, para pemikir dan orang biasa telah menjelaskan berulang kali. Menyia-nyiakan kelahiran menjadi Manusia adalah sebuah kesalahan besar.

Hindu percaya bahwa seseorang bida mendapatkan wujud sebagai manusia harus melewati 8.400.000 kelahiran. Ada 3.000.000 kelahiran dalam hidup binatang, 2.700.000 kelahiran dalam kehidupan serangga, 1.400.000 kelahiran sebagai burung, 900.000 kelahiran sebagai ikan dan 400.000 kelahiran sebagai binatang lain. Susastra menjelaskan betapa sulitnya untuk bisa dianugerahi dengan wujud sebagai manusia.
teratai,bunga yang dianggap suci
Manusia dapat belajar dari bunga teratai, hidup dilumpur namun dapat mempersembahkan bunga yang indah
Dalam Canakya Nitisastra 14.3 dijelaskan :
"Bila kehilangan kekayaan itu bisa didapatkan kembali. Teman yang marah atau menjauh bisa kembali kepadamu. Teman baru bisa didapatkan. Bila istri pergi atau meninggal, seseorang bisa menggantikannya.  Tanah, rumah, harta benda bisa didapatkan lagi dan lagi. Namun seseorang tidak bisa mendapatkan wujud sebagai manusia lagi.

Sri Rama menjelaskan arti penting menjadi manusia, Beliau berkata :
"Merupakan keberuntungan yang sangat besar untuk mendapatkan wujud sebagai manusia. Semua kitab suci menegaskan bahwa wujud sebagai manusia sangat sukar untuk didapatkan bahkan oleh para Dewa sekalipun".

"Wujud manusia merupakan sebuah batu pijakan menuju Neraka, Surga atau Moksa (Pembebasan). Melalui tubuh ini seseorang bisa mendapatkan pengetahuan, ketidakterikatan dan bhakti".

"Tubuh manusia adalah sebuah kapal dalam lautan luas. Anugerah-Ku seperti angin sepoi-sepoi yang mendorong kapal itu"

"Tubuh manusia adalah sarana untuk membawa seseorang menuju gerbang pembebasan. Bila seseorang tidak bida menggunakan kesempatan untuk mencapai diri yang lebih tinggi, itu hanya bisa dianggap sebagai kemalangan"

Wujud sebagai manusia adalah sebagai wujud yang paling tinggi karena hanya dalam wujud ini seseorang bisa menemukan kebahagiaan dan pembebasan dari kelahiran selanjutnya. Ini bisa dicapai melalui bhakti kepada Tuhan dan melakukan perbuatan baik.

punarbhawa dalam agama hindu

Para sahabatku dalam dharma, begitulah pentingnya kita dilahirkan menjadi manusia. Kita diberikan kelebihan yaitu mampu berpikir dan memilah milih baik buruk. Sangat berbeda dengan Binatang dan tumbuhan.  Bagaimana cara kita yang beragama? Dalam Mahabharata, Anushasana Parwa, ada sebuah cerita berkaitan dengan keyakinan.

"Digunung Himalaya, Saat Dewa Shiva sedang bermeditasi Dewi Parwati mendekati-Nya dan bertanya: "Tuanku, apakah bentuk keyakinan yang baik? Bagaimana cara mempraktekkannya?"

Dewa Shiva menjawab," Dewi, tidak membunuh mahluk hidup, jujur, memiliki kasih sayang kepada semua mahluk, memiliki kendali atas pikiran dan indria, memberikan dana punia/derma sesuai kemampuan, semua merupakan praktek bagi seseorang dalam beragama. Setia kepada istri dan keluarga, menjauh dari wanita yang bukan istri, menjaga yang dipercayakan kepadanya dan melindungi wanita, tidak mencuri, menghindari daging dan minuman keras. Itu semua adalah lima rahasia keyakinan. Seseorang akan mendapatkan kebahagiaan melalui itu semua. Mereka yang memiliki keyakinan harus mempraktekkannya".

Para sahabat terkasih, demikian sedikit ulasan pentingnya kita memanfaatkan hidup dan selalu mengisi kehidupan ini dengan kegiatan yang positif dan berdasarkan Dharma. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Swaha.















0 komentar:

Post a Comment