*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Persiapan Sebelum Melakukan Yoga

Persiapan Sebelum Melakukan Yoga. Belajar yoga memang harus melalui proses langkah demi langkah. Yoga merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap hidup dengan sehat dan bugar. Karena yoga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga untuk kesehatan emosional, mental dan spiritual. Akan lebih baik jika memulai dengan beberapa asana atau postur dan gerakan yang mudah sehingga Anda akan mendapatkan motivasi untuk melanjutkan rutinitas yoga. Asana yoga sederhana mirip dengan kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti berbaring, berdiri atau duduk dalam posisi yang berbeda, namun secara teratur yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
Bahkan dokter-dokter dan praktisi medis menganjurkan kita untuk berlatih yoga secara teratur karena kita akan mendapat manfaat terapeutik yang besar. Jika Anda seorang pemula, maka Anda pasti akan senang saat melihat hasil yang bagus secara langsung. Beberapa yoga yang paling direkomendasikan untuk pemula adalah Viniyoga atau yoga Kripalu. Yoga ini memiliki gerakan-gerakan dasar yoga yang sangat sederhana, Anda bisa berpindah ke asana yoga lanjutan seperti yoga Ashtanga atau power yoga.



Gerakan Viniyoga bisa dilihat dalam Video di bawah ini :


Anda bisa berlatih selama sekitar 10-15 menit pada tahap awal, ini akan membantu meningkatkan fleksibilitas sendi otot anda, meningkatkan pelumasan dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda. Juga akan mempersiapkan tubuh Anda untuk asana yoga yang lebih kompleks. Sangatlah penting memiliki postur tubuh tegak yang benar saat berlatih yoga.
1. Latihan Pernapasan
Latihan pernapasan merupakan aspek penting yoga untuk pemula. Beberapa latihan pernapasan yang paling efektif termasuk Anuloma – viloma, pranayama dan kapalbharti. Latihan ini membantu meningkatkan pola pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Latihan-latihan ini akan membuat Anda merasa lebih santai dan diremajakan. Yoga ini merupakan penghilang stres yang bagus dan memberikan bantuan kepada Anda untuk menghadapi hari-hari yang penuh dengan ketegangan, kekhawatiran dan kecemasan.

2. Belajar Gerakan Dasar Yoga
Jika Anda seorang pemula maka sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan dasar tentang etika yoga. Para guru atau instruktur yoga memainkan peran yang sangat penting dalam mengajar beberapa asana yoga sederhana dan Etiket dasar yoga.


3. Pemanasan
Seorang pemula harus selalu memulai dasar peregangan atau pemanasan yoga sederhana seperti menyelesaikan postur, membungkukan punggung, menyeimbangkan postur, terlentang, memutar, duduk atau posisi berdiri.
4. Mandi
Hal ini sangat penting bagi Anda untuk membiarkan guru yoga Anda tahu bahwa Anda seorang pemula sehingga instruktur anda akan memberikan perhatian khusus kepada Anda hingga Anda mendapatkan suatu pegangan diberbagai asana yoga. Sebelum berlatih yoga, sebaiknya anda mandi terlebih dahulu, hal ini sangat dianjurkan untuk mengakhiri sesi yoga Anda dengan Shavasana.
5. Jangan Makan
Hindari makan makanan 3-4 jam sebelum kelas yoga Anda dimulai. Jangan makan secara berlebihan. Kenakan pakaian longgar dan nyaman untuk kelas yoga agar tubuh Anda merasa bebas. Minumlah beberapa cangkir air sebelum kelas dimulai.
Sebagai pemula, hal atau barang yang Anda butuhkan untuk mulai melakukan yoga bagi pemula adalah tikar yoga dan pakaian longgar yang nyaman. Anda bisa bergabung dengan kelas yoga terkemuka di dekat rumah Anda agar Anda bisa dengan mudah pergi belajar yoga. Ada berbagai jenis asana yoga. Sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan dasar tentang semua peregangan yoga dan kemudian mengontrolnya satu per satu.

Baca juga : Yoga Surya Namaskara Step by Step, Tips Berlatih Yoga di rumah

0 komentar:

Post a Comment