*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Om lokah samastah sukhino Bhavantu : Semoga Semua Mahluk di seluruh alam berbahagia

Salah satu doa yang sering kita dengar dan nyanyikan  adalah Om lokah samastah sukhino Bhavantu. Meskipun mantra ini tidak muncul dalam salah satu cabang Weda. Namun hal itu adalah cetusan kita sebagai umat untuk senantiasa mendoakan seluruh mahluk di dunia ini.. Marilah kita pelajari bersama tentang Sloka tersebut. Sloka tersebut hanya penggalan saja yang secara keseluruhan berbunyi sebagai berikut:
 
Svasti prajabhyam paripalayantham nyayeana margena Mahim maheesah
gobrahmanebhya shubamsthu nityam lokah samastha sukhino bhavanthu
 
Semoga ada kesejahteraan bagi masyarakat;
Semoga raja-raja memerintah bumi di berikan arah yang benar;
Semoga Brahmana dan ternak mendapatkan kesejahteraan selamanya;
Semoga semua makhluk di seluruh alam menjadi bahagia;
 
Sloka yang merupakan doa untuk memohon kedamaian dan kebahagiaan.

Sering sekali kita mengucapkan atau mendengarkan kata-kata tersebut, tetapi apakah sering kita merenungkan kata-kata tersebut atau hanya mengucapkannya sambil lalu sebagai penutup doa kemudian melupakannya?

Semoga semua makhluk hidup berbahagia... notabene semua makhluk, manusia, hewan, jin, setan, iblis... semua makhluk hidup berbahagia. Betapa mulianya harapan ini. Betapa welas asihnya doa ini. Tanpa memandang suku, agama, gender, manusia atau bukan manusia. 

Semua makhluk...
Barangkali jauh lebih gampang diucapkan daripada dipraktekkan. Susah memang. Tapi bukan berarti tidak bisa. Yang perlu memang hanya latihan. Dan seringkali kita diajarkan harus selalu berusaha  mempraktekkan hal ini. Terutama pada saat-saat dimana hampir kehilangan kesabaran. Pada saat kebencian mulai menyergap. Menghadapi kemacetan. Staff yang kurang kooperatif. Masalah keluarga. Masalah hidup. 

Hidup memang sering kali menjadi sulit buat orang yang sedang galau dirundung masalah. Atau yang sedih karna kehilangan. Atau yang frustasi karna seolah-olah semua buntu dalam hidupnya.

Tapi begitu kita merenungkan, mendoakan dan berharap "Semoga semua makhluk hidup berbahagia"... Mendoakan kebahagiaan orang meskipun diri sendiri gundah gulana dililit masalah atau pun, kesedihan dan kegundah gulanaan hati sendiri sudah menguap entah kemana.
Seorang guru yang bijaksana pernah mengatakan, Berbahagialah terlebih dahulu untuk orang lain, maka sesudahnya dengan sendirinya diri sendiri akan ikut berbahagia.

Ah, ingin sekali aktif secara rutin dalam kegiatan sosial.....  Semoga semua makhluk hidup berbahagia..
 



2 komentar:

  1. Sungguh saya terkesan dengan doa tersebut. Ajaran unibersal dari Yang Maha Unibersal.

    ReplyDelete
  2. Maaf maksudku universal.

    ReplyDelete