Kisah Tikus Kendaraan Dewa Ganesha

Ganesha dan MouseKisah dalam Purana
Suatu kisah ada Raksasa bernama Gajamugasuran. Dia adalah pemuja sejati dewa Shiva dan senang dengan pengabdiannya, Shiva memberikan kepadanya beberapa anugerah. Gajamugasuran menjadi sangat bangga dan kuat dan ia mulai mengganggu para dewa.  Para dewa meminta Siwa untuk menyelamatkan mereka dari Gajamugasaran. Shiva mengirim Ganesha untuk membantu para dewa. Ganesha pergi dengan beberapa senjata seperti busur dan anak panah, pedang, dan bahkan kapak untuk menghancurkan Gajamugasuran. Tapi Raksana itu telah diberi anugerah  tidak ada senjata yang bisa membahayakan jiwanya, sehingga upaya Ganesha untuk menghancurkan raksasa itu tidak berhasil. Akhirnya, Gajamugasuran merubah dirinya menjadi tikus kecil dan bergegas menuju Ganesha. Ganesha sangat pintar dan menduduki tikus kecil itu. Gajamugasuran akhirnya dikalahkan dan dipaksa untuk meminta maaf atas perbuatannya. Sejak itu, Ganesha selalu disertai dengan tikus sebagai kendaraannya.




Makna Kendaraan Ganesha

Marilah kita memaknai arti dari kendaraan/wahanaNya Sri Ganesha yang unik ini.

"Tikus adalah kendaraan Vinayaka. Apa makna batiniah dari Tikus? Tikus memiliki indra penciuman yang tajam. Tikus adalah simbol dari keterikatan duniawi (vaasanas). Jika Anda ingin menangkap tikus, Anda meletakkan makanan berbau kuat dalam perangkap tikus. Tikus juga melambangkan kegelapan malam. Tikus dapat melihat dengan baik dalam kegelapan. Sebagai kendaraan Vinayaka, tikus menandakan sebuah bentuk yang menuntun manusia dari kegelapan kepada cahaya. Dengan demikian, berarti bahwa kita harus menghilangkan semua sifat-sifat buruk segala kegiatan dan pikiran buruk lalu menanamkan sifat-sifat baik sehingga kita menjadi orang yang berkelakuan baik dan berpikiran yang baik . "

Seperti juga halnya dijaman sekarang, tikus secara simbolis telah gunakan oleh tangan kreatif di dunia. Sadarkah kita bahwa setiap hari memegang tikus? walaupun sebatas simbul dan namanya. Apa yang dapat anda lakukan tanpa adanya tikus? Dia telah membantu mempercepat pekerjaan anda, dia adalah si mungil yang lincah. Mungkin saat ini telah ada ditangan anda karena jelas sekarang pastilah anda didepan komputer.....Mouse....yang memainkan peranan sangat penting dalam peranti komputer anda.

"Siapa Vinayaka? Dalam Sloka yang diawali dengan kata-kata,  Suklaambaradharam Vishnum, hanya bentuk dewa digambarkan. Tetapi ada makna lain untuk nama "Vinayaka". Suklaambaradharam berarti orang yang berpakaian putih. Vishnum berarti ia adalah segala-melingkupi. Sasivarnam berarti kulitnya berwarna abu-abu seperti abu. Chathurbhujam berarti ia mempunyai empat lengan. Prasannavadanam berarti dia selalu menyenangkan pikiran. Sarvavighnopasaanthaye berarti untuk menghilangkan semua hambatan. Dhyaayeth , meditasi (kepadanya).

Vinayaka adalah dewa yang menghapus semua sifat-sifat buruk, menanamkan sifat-sifat baik dan menganugerahkan kedamaian pada hamba yang merenung kepadanya. Vinayaka juga berarti bahwa ia benar-benar menguasai dirinya sendiri. Dia tidak memiliki guru di atasnya. Dia tidak bergantung pada siapa pun. Ia juga disebut Ganapathi . Istilah ini berarti ia adalah pemimpin para Gana - suatu tingkatan kecemerlangan ilahi. Istilah ini juga berarti bahwa ia adalah penguasa intelek dan kekuasaan diskriminatif dalam manusia. Dia memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang hebat. Pengetahuan dari pikiran murni dan suci. "

"Apa makna esoteris Kepala gajah Ganesha? "

Gajah terkenal karena kecerdasannya. Kepala gajah Ganesha melambangkan ketajaman intelek dan kekuasaan tertinggi.  Karena kemurnian inteleknya, Vinayaka juga disebut pemberi buddhi (intelek) Dia menjawab doa-doa umat dan oleh karenanya dikenal sebagai Siddhi Vinayaka ( memberikan apa yang dicari). Dalam sebuah hutan, ketika seekor gajah berjalan, ia membersihkan jalan bagi orang lain untuk mengikuti.  Ganesha menghilangkan segala rintangan.

Demikian pula, Ganesha menuntun kita menuju Kebijaksanaan, Akal, dan akan memberikan kebahagiaan. Ganesha memiliki dua keagungan : Siddhi (keberhasilan) dan Riddhi (kemakmuran). Dimana ada Ganesha disana ada Sukses dan Kesejahteraan ~ Dimana ada Sukses dan Kesejahteraan ....akan ada  Sri Ganesha.

Terjemahan dari berbagai sumber : http://www.kidsgen.com
Download Gratis Lagu Rohani Hindu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar