*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Dewa Ganesha yang harus pertama kita puja

Ketika kita memasuki mandir (Pura) atau melakukan ritual, kita sering melihat arca dewa Ganesha atau Ganapati? Tapi mengapa semua umat Hindu terlepas dari sekte apapun selalu ingat dan memuja Dewa Ganesha? Nah, cerita berikut akan menjelaskan.

Setelah Dewa Shiva meninggalkan rumahnya di Gunung Kailas (di Himalaya) dan pergi untuk melakukan meditasi. Semenjak ditinggal Dewa Shiva; Parvati, istrinya memiliki dua teman, bernama Jaya dan Vijaya. Jadi dua temannya menyarankan bahwa Parvati memiliki penjaga sendiri. Parvati setuju, dan dengan menggunakan kekuatan ilahi, dia menciptakan seorang putra, yang ia beri nama Vinayaka atau Ganapati. Dia menyuruhnya untuk menjaga rumah.
The one we all remember
Ketika Dewa Shiva kembali, ia mencoba untuk memasuki rumahnya, tapi dihentikan oleh Vinayaka. Karena ia tidak diizinkan untuk memasuki rumahnya sendiri, Dewa Shiva menjadi sangat marah. Dia menjadi sangat marah dan melemparkan Tri Sulanya sehingga memotong kepala Vinayaka itu. Parvati bergegas ke tempat kejadian dan terkejut melihat apa yang terjadi. Dia menangis. Dewa Shiva menyadari bahwa ia telah membuat kesalahan besar. Ia segera mengirim pengawalnya ke hutan dan menyuruhnya untuk mengambil kepala makhluk hidup yang pertama kali ditemukan. Setelah berjalan beberapa waktu, pengawal menemukan  Gajah dan mereka lalu kembali dengan membawa kepala gajah. Dengan kekuatan ilahi-Nya, Dewa Shiva menempatkan kepala gajah diatas tubuh anaknya. Seketika, Vinayaka hidup kembali. Para Dewa dan Dewa Shiva memberkati putranya dengan anugerah bahwa setiap orang akan memujanya pertama kali dan memberikannya anugerah kepada setiap pemujanya. Mereka yang tidak memujanya maka tidak akan mencapai keberhasilan.

Jadi itulah sebabnya kita semua selalu ingat dan memuja Dewa Ganesha pada awal melakukan kegiatan, seperti membuka usaha, pernikahan, atau persembahyangan di rumah dan di tempat suci. Inilah sebabnya mengapa ia juga dikenal dengan nama Vinayaka, yang berarti penghilang rintangan. Hindu percaya bahwa dengan menyembah Ganesha pada awal semua kegiatan, ia akan menghapus semua hambatan yang datang  dan memberi kita kekuatan dan keberanian yang dibutuhkan untuk melewati semua tugas. 
 
Terjemahan dari : The one we all remember

0 komentar:

Post a Comment