*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Sumber-Sumber Sejarah di India

Sumber Sejarah IndiaIndia memiliki sejarah yang kaya dan berwarna-warni dan itu adalah harta karun sejarah awal. Bagian-bagian dari benua memiliki sejarah yang berbeda dan legenda. Sejarawan menemukan aspek historis berbagai daerah suatu negara melalui berbagai sumber. Sejarah India memiliki masa lalu lebih dari ribuan tahun. Sumber sejarah India adalah bukti yang berhubungan dengan asal peradaban awal, budaya dan keyakinan mereka. Sumber penting untuk melacak peninggalan catatan kuno. Ini adalah penting bagi sejarawan karena mereka mendapat informasi tentang apa yang terjadi di masa lalu. Sumber terdiri dari dua jenis, baik tertulis maupun tidak tertulis. Sumber-sumber ini terdiri dari koin dan mata uang, manuskrip, teks dan survei arkeologi.

Koin  dan Mata Uang
 
Koin dan mata uang adalah salah satu sumber terbaik dari sejarah India. Koin memberikan informasi tentang kondisi negara. Beberapa koin yang tersedia yang mengkonfirmasi asal awal peradaban, raja dan kerajaan. Koin-koin dari zaman kuno yang terbuat dari emas, perak dan tembaga dan berbicara tentang situasi ekonomi yang terjadi di periode tersebut. Koin penting memberikan informasi kronologis. Koin dan mata uang adalah satu-satunya sumber yang menjelaskan tentang Bactarian, Indo-Yunani dan dinasti Indo-Parthia dan hubungan antara Kekaisaran Romawi dengan India. Selain itu koin juga menyediakan informasi tentang seni koin dari India, berbagai potret dan tokoh terukir didalamnya. Tanggal, potret kerajaan dan nama-nama raja biasanya terukir pada koin yang membantu dalam memahami era penguasa yang berbeda dalam sejarah India. Tanggal dan nilai intrinsik koin menceritakan evolusi ekonomi sebuah negara. Kondisi agama dan budaya era yang berbeda dapat diuraikan oleh jenis dan bentuk koin. Koin dari dinasti Gupta telah ditemukan dalam jumlah besar dan banyak yang terbuat dari emas yang menampilkan pengaruh Romawi di India. Selama periode Chandragupta II , koin mengambarkan Chaitya merupakan bukti dari hubungan dengan Suku Saka .
 
Sumber Sejarah India
 Teks kuno  India
Teks-teks kuno juga menyediakan informasi berlimpah tentang penguasa kuno, supremasi mereka dan pemerintahan mereka. Mereka juga memberikan ide tentang gaya hidup era kuno. Catur Veda - Rig Veda , Sama Veda , Yajur Veda dan Atharva Veda merupakan teks-teks India kuno. Teks kuno lainnya terdiri dari Brahmana ,Aryanka, Upanishad , epos Ramayana dan Mahabharata ,  Brahmashastras dan Purana .

Arkeologi dari India
Arkeologi dari India adalah studi ilmiah dari sisa-sisa masa lalu. Penelitian ini dianggap penting di antara sumber-sumber sejarah India. Ini adalah studi tentang bangunan, monumen dan peninggalan material lainnya. Penggalian dilakukan di berbagai tempat di negara itu untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang rincian negara dimasa lalu . Misalnya survei arkeologi di Taxila memberikan penjelasan tentang Kushanas . Candi arca dari Ajanta dan Ellora dan patung-patung dan lukisan merupakan sumber arkeologi. The Archaeological Survey of India adalah organisasi utama untuk penelitian arkeologi dan perlindungan warisan budaya bangsa. Ini merupakan salah satu sumber penting dari sejarah India. Survei ini terlihat setelah pemeliharaan monumen kuno dan situs arkeologi dan tetap negara. Organisasi memiliki tenaga kerja besar arkeolog terlatih, konservator, ahli prasasti, arsitek dan ilmuwan untuk melakukan proyek penelitian arkeologi di seluruh negeri.

Giro Valas
Wisatawan asing juga telah berkontribusi banyak dalam membentuk sumber penting sejarah India. Berbagai informasi telah dicatat oleh para penulis klasik dan Yunani, berlangsung dari abad ke-6 ketika Persia menginvasi negara itu. Dominasi Persia di India telah dicatat oleh Ctesias dan Herodotus. Rekaman sejarawan seperti Onesicritus dan Nearchus menyoroti invasi Raja Alexander dari India utara dan barat. `Indika` adalah sebuah buku terkenal yang ditulis oleh Megasthenes yang menceritakan skenario sosial dan politik negara selama era Chandragupta Maurya . Karya terkenal lainnya termasuk buku "Geografi" yang ditulis oleh Ptolemy dan "Natural History" yang ditulis oleh Pliny. Dengan penyebaran agama Buddha di China, hubungan persahabatan dikembangkan antara India dan China. Banyak peziarah dan wisatawan China juga telah meninggalkan catatan sejarah yang tak ternilai yang menggambarkan sejarah India. Pada abad ke-8, sejumlah ulama Arab juga mengunjungi India yang telah meninggalkan beberapa peninggalan di India.

Terjemahan dari : Sources of History of India  

0 komentar:

Post a Comment