*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Utsawa Dharma Gita Tingkat Jawa Barat 2014 : "Tuhan Tidak Diam Jika Kita selalu Berusaha"

 Pada Hari Minggu, 12 Januari 2014 bertempat di Pura Giri Kusuma Kota Bogor telah dilaksanakan "Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Jawa Barat". Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Jawa Barat yang juga sebagai Pembimas Hindu; I Nyoman Sukadi Arsa, S.Ag, pengurus PHDI Kab/Kota se-Provinsi Jawa Barat, Tokoh-tokoh Agama Hindu dan Para tamu Undangan lainnya. Dalam laporannya Ketua Umum Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Jawa Barat, mengatakan Dharma Gita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran yang sangat penting bagi umat Hindu di Provinsi Jawa Barat. Dari sisi teks yang bersumber dari ajaran Weda, mengandung nilai-nilai agama yang sangat tinggi, sehingga memberi tuntutan pemahaman terhadap ajaran Agama Hindu mulai aspek Tattwa, Susila maupun Upacara.

Penyajian yang dijalin dalam bentuk nyayian suci keagamaan dengan irama lagunya yang melankolik mampu membantu menciptakan suasana suci, hening dan khidmat. Oleh karena itu sangat dibutuhkan keberadaanya dalam menyertai berbagai kegiatan yajna. Disamping itu karena dirangkai dalam bentuk puisi yang dapat dilagukan menjadi Dharma Gita terasa lebih menarik dan menawan untuk dinikmati.
Keberadaan Dharma Gita dikalangan umat Hindu di Provinsi Jawa Barat memiliki keragaman dan warna warni dalam jenis irama, lagu, bahasa teksnya maupun   cara-cara melagukannya. Hal itu telah mengantarkan umat Hindu pada kekayaan Budaya yang tak terbatas memberikan dukungan dalam membantu rasa keagamaan sesuai dengan budaya daerah masing-masing, maupun dalam meningkatkan penghayatan dan pemahaman ajaran agama Hindu.
Dharma Gita sebagai budaya leluhur yang tersebar di seluruh Nusantara yang memiliki nilai yang sangat tinggi dan luhur patut dilestarikan, dan dikembangkan lebih luas lagi, tidak hanya dikalangan generasi tua maupun tokoh-tokoh agama, melainkan kepada generasi mudanya.
Salah satu media pelestarian dan Pengembangan Dharma Gita adalah melalui kegiatan Utswa Dharma Gita sebagaimana yang kita laksanakan saat ini. Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan setiap 3 Tahun sekali dan Tahun 2014 adalah merupakan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Ke IV serta Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XII.

Adapun jenis pada kegiatan yang dilombakan dalam pelaksanaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Jawa Barat adalah sebagai berikut :
  1. Lomba Pembacaan Mantra/Sloka
  2. Lomba Pembacaan Phalawakya
  3. Lomba Dharma Widya
  4. Lomba Dharma Wacana
  5. Lomba Dharma Wacana Bahasa Inggris
  6. Lomba Menghafal Mantra/Sloka
  7. Lomba Kidung/Lagu Keagamaan Daerah
Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya Kepala kanwil Kementerian Agama Jabar Mengatakan dalam kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya selaku Pimpinan daerah provinsi Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada panitia Utsawa Dharma Gita serta seluruh jemaat Hindu yang telah berpartisipasi dan bekerja sama dalam berbagai aktifitas pembangunan baik pembangunan meterial maupun spiritual, karena ini merupakan tanggung jawab kita semua khususnya Masyarakat Provinsi Jawa Barat.

Utsawa Dharma Gita ini yang diadakan di Provinsi Jawa Barat dan semoga membawa kontribusi yang baik dalam segi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan keagamaan dan mewujudkan keluarga bahagia, harmonis, dan sejahtera.

Setelah pembukaan selesai maka dilangsungkan kegiatan 6 Perlombaan yang mengambil tempat dibeberapa sisi pura. Kegiatan perlombaan berjalan lancar walau hujan menguyur Bogor dari sejak pagi. Persiapan dari siswa Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram di mulai dari sejak pagi. Namun semangat anak-anak tidak surut. Mereka masih menyempatkan diri untuk berfoto bersama. Orang tua pun juga semangat mempersiapkan makanan. Dan yang tak ketinggalan adalah peran dari tim pembimbing antara lain Ni Putu Diah C.
Namun akhirnya dengan semangat dan usaha, anak-anak mendapatkan 3 Piala antara lain:
  • Juara 3 Pembacaan Sloka/Mantra Kategori Remaja Putra yang diwakili oleh I Nyoman Insan B dan I Gusti Indra Suputra W.
  • Juara 2 Pembacaan Sloka/Mantra Kategori Dewasa Putri yang diwakili oleh Ni Made Ayu Fitri W dan Ni Putu Sudiarti.
  • Juara 2 Dharma Wacana Bahasa Inggris Kategori Remaja Putri yang diwakili oleh Ni Putu Devi 
Untuk Dharma Widya SD, SMP dan SMA belum mendapat keberuntungan, namun anak-anak sudah berusaha keras untuk mengimbangi peserta lainnya. Berikut ini beberapa foto yang dapat kami sampaikan :
Berpose Sebelum Berangkat
Walau hujan tak menghalangi


Menunggu Sebelum Tampil
Tanpil dengan serius

Menerima Piala

Berpose atas Keberhasilan

Ini karena Usaha dan Doa
Terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh tim pembimbing, orang tua siswa dan seluruh siswa Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram. Tuhan tidak akan pernah diam jika kita mau berusaha. (Paryanto, S.Ag).

0 komentar:

Post a Comment