*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Jambore Pasraman Tingkat Nasional Ke IV dibuka hari ini di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tempat dilaksanakannya event nasional yaitu Jambore Pasraman Tingkat Nasional ke IV Tahun 2016. Kegiatan tersebut adalah kegiatan nasional yang dilaksanakan setiap dua tahunan. Pada tahun ini kegiatan Jambore akan dilaksanakan di Hotel Sheraton, Yogyakarta dari tanggal 25 s.d 30 Juli 2016. Menurut informasi Jambore Pasraman ini akan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Hal itu dikarenakan Menteri Agama RI; Lukman Hakim Saifuddin berhalangan hadir.

Persiapan kegiatan ini sudah dilaksanakan dari beberapa bulan yang lalu, panitia sudah hadir dua hari lebih awal. Sedangkan para peserta hadir dan melakukan registrasi pada hari senin, 25 Juli 2016. Berikut beberapa foto kontingen yang kami ambil dari beberapa sumber.

Jabar 
Kontingen Jawa Barat




Sejumlah kegiatan pun akan berlangsung yang tentunya akan diikuti oleh 700 orang peserta yang berasal 32 provinsi. Kegiatan ini akan dilombakan sejumlah program untuk anak-anak sekolah tingkat dasar hingga menengah. Lomba-lomba tersebut antara lain; Lomba Mantra Tri Sandya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas baik putera maupun puteri, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Puisi Keagamaan, Lomba Cipta Lagu Kreasi Keagamaan Hindu, Lomba Out Bond, Lomba Pantun Keagamaan Hindu, dan Lomba Baca Puisi Keagamaan Hindu.

Lomba Kramaning Sembah

Lomba Puisi Keagamaan Hindu
Lomba Cipta Lagu Kreasi

Yoga
Lomba Yoga Asanas

Lomba Tri Sandhya
Menurut Pembimas Hindu Prov. DIY,  Ida Bagus Wika Krishna pada saat Audiensi dengan Dirjen Bimas Hindu menyampaikan "Kami umat Hindu DIY sangat menyambut baik dan siap menjadi penyelenggara Jambore Pasraman Tingkat Nasional yang akan berlangsung untuk ke-4 kalinya ini, karena kegiatan semacam ini sungguh mendukung misi Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Selaku Menteri Agama RI, saya berharap serta berpesan kegiatan pasraman hendaknya dapat sebagai tiang pancang untuk meningkatkan moral, etika, dan estetika generasi muda, untuk itu kami umat Hindu DIY siap untuk menjadi tuan rumah” kata Ida Bagus Wika Krishna. 

Lebih lanjut Beliau juga menginginkan, kegiatan Jambore Pasraman Tingkat Nasional ini, mampu mendorong dinamika generasi muda Hindu menjadi lebih dinamis, eksploratif dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasannya. Oleh karena itu, adik-adik Pasraman harus terus menerus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun untuk kejayaan negara kita, dengan memupuk rasa tanggung jawab (sense of belonging), dan rasa kepedulian (sense of responsibility). Kesadaran ini harus dibangun sejak dini, dipupuk secara terus menerus dan berkesinambungan untuk memperkuat rasa kebersamaan kita sebagai tunas bangsa.

Semoga kegiatan ini lancar dan berkelanjutan demi anak-anak Hindu yang berwawasan dan memiliki pondasi agama yang kuat. Swaha.

3 komentar: