*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Diwali, Festival terpopuler di India

Menjadi negara spiritual, festival-festival yang meriah dirayakan di India. salah satu Festival yang populer dirayakan oleh masyarakat India adalah Diwali.
Diwali adalah festival selama lima hari merupakan perayaan mengawali Tahun Baru Hindu. Ini dikenal sebagai "Festival of Lights" karena dalam perayaan itu kembang api, lampu tanah liat kecil, dan lilin dinyalakan selama perayaan. Lampu-lampu itu sebagai simbol kemenangan kebaikan atas kejahatan, dan kecerahan atas kegelapan. Cahaya lilin membuat suasana hangat dalam merayakan festival Diwali .
Kapan Diwali dirayakan?
Diwali jatuh pada bulan Oktober atau November setiap tahun, tergantung pada siklus bulan. Ini diamati pada hari ke-15 dari Kartika, bulan paling suci dalam kalender lunar Hindu. 

  • Pada 2015, Diwali pada 11 November
  • Pada tahun 2016, Diwali adalah pada 30 Oktober.
  • Pada tahun 2017, Diwali adalah pada tanggal 19 Oktober.
Festival Diwali berjalan selama lima hari, dengan perayaan utama terjadi pada hari ketiga di sebagian besar tempat di India.
Hari pertama dikenal sebagai Dhanteras. "Dhan" berarti kekayaan dan "teras" mengacu pada hari ke-13 dari dua minggu bulan pada kalender Hindu. Hari ini didedikasikan untuk merayakan kemakmuran. Dipercayai Dewi Lakshmi datang ke rumah dan membawa emas. Para Dokter Ayurvedic juga memuja Dhanvantari, inkarnasi Dewa Wisnu yang membawa Ayurveda untuk umat manusia. Ada sejumlah candi di Kerala dan Tamil Nadu didedikasikan untuk Dhanvantari dan Ayurveda.
Rangkaian Diwali

Hari kedua dikenal sebagai Naraka Chaturdasi atau Chhoti Diwali (Diwali kecil). Dewi Kali dan Krishna diyakini telah menghancurkan setan Narakasura pada hari ini. Dewi Kali disembah di Bengal Barat, sementara patung iblis dibakar di Goa. Diwali juga secara tradisional dirayakan pada hari ini di Tamil Nadu.
Rangkaian Diwali
Hari ketiga adalah hari bulan baru yang dikenal sebagai Amavasya. Ini hari paling gelap. Lakshmi disembah pada hari ini, dengan puja khusus dilakukan di malam hari.
Amavasya Diwali
Hari keempat memiliki banyak makna di seluruh India. Di India utara, Govardhan Puja dirayakan sebagai hari ketika Krishna mengalahkan Indra, dewa petir dan hujan. Di Gujarat, dirayakan sebagai awal tahun baru. Di Maharashtra, Bali Puja dilakukan untuk mencari berkah dari raja Bali.

Diwali
Hari kelima dikenal sebagai Bhai Duj. Pada hari ini, Saudara-saudara berkumpul dan berbagi makanan, untuk mempererat tali persaudaraan.

Demikian sedikit ulasan tentang Diwali, sebuah perayaan yang populer dilaksanakan oleh umat Hindu di India. Semoga menambah pengetahuan kita.

0 komentar:

Post a Comment