*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Ayur Veda sebagai Ilmu Kesehatan Pikiran dan Tubuh Manusia

Ribuan tahun sebelum pengobatan modern memberikan bukti ilmiah tentang hubungan pikiran dengan tubuh, orang suci dari India mengembangkan Ayurveda, yang terus menjadi salah satu sistem kesehatan pikiran dan tubuh yang paling canggih dan kuat di dunia. Bukan hanya mengobati penyakit namun Ayurveda adalah ilmu kehidupan (Ayur = hidup, Veda = ilmu atau pengetahuan). Dalam Ayur Veda mengajarkan kita untuk tetap menjadi individu yang bijak sehingga membantu orang tetap hidup sehat dan menyadari potensi penuh sebagai manusia.

Dua prinsip utama dalam Ayurveda adalah  :
  1. pikiran dan tubuh yang memiliki hubungan tak terpisahkan, dan 
  2. tidak ada kekuatan yang lebih kuat untuk menyembuhkan dan memulihkan tubuh selain pikiran.
Agar terhindar dari penyakit, tergantung pada kemampuan kita meningkatkan kesadaran kita sendiri, membawanya ke dalam keseimbangan tubuh. Proses ini tidak serumit kedengarannya. Misalnya, Kita bisa lakukan dengan cara bermeditasi, ketika pikiran Anda telah memasuki keadaan kesadaran  selanjutnya ketenangan itu dapat menyegarkan pikiran dan mengalir ke seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi segar dan sehat. Karena pikiran dan tubuh tidak dapat dipisahkan, tubuh secara alami dapat disehatkan dengan latihan meditasi. Dalam keadaan pikiran tenang melalui meditasi, detak jantung dan napas menjadi terkontrol tenag, tubuh Anda akan mengurangi produksi hormon "stres" seperti kortisol dan adrenalin, dan Anda meningkatkan produksi hormon neurotransmitter yang menyebabkan kondisi tenang, termasuk serotonin, dopamin, oksitosin , dan endorfin.

Meditasi adalah salah satu cara yang paling ampuh menurut dokter Ayurvedic kuno. Hal itu digunakan untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh. Dalam Ayurveda juga diberikan banyak praktek lain untuk memperluas kesadaran diri dan mengelola sifat dasar kita sehingga menjadi seimbang. Berikut adalah beberapa aspek yang paling penting dalam Ayurvedic dan tips untuk  untuk menciptakan kesehatan yang sempurna dalam hidup Anda :

1. Memahami karakter unik pikiran dan tubuh dan  kebutuhan khusus yang berasal darinya. 
Ayurveda mengajarkan kita untuk mengenal diri kita dan mengetahui jenis pikiran-tubuh sehingga mengetahui model diet, olahraga, suplemen, dan semua aspek lain sesuai dengan gaya hidup Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang jenis pikiran-tubuh menurut Ayurvedic dan mencari tahu bagaimana untuk mengidentifikasi jenis individu Anda sendiri di sini . 

2. Memakan Makanan yang sehat dan diet teratur
Selain nafas, makan adalah kebutuhan tubuh yang paling vital bagi kita. Untuk membuat tubuh dan pikiran yang sehat  maka kita harus mengkonsumsi makanan bergizi. Nutrisi yang seimbang berasal dari mengkonsumsi berbagai makanan segar. Cara mudah untuk diet seimbang dalam Ayurvedic adalah memakan makanan yang mengandung enam rasa  (manis, asin, asam, pedas, pahit, dan sepat) di setiap makan. Dengan cara itu maka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terwakili. Bila Anda telah memnuhi makanan dengan enam rasa, Anda juga akan  merasa puas dan dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan akan berkurang. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang enam selera di sini.

Seiring dengan enam rasa, dengan mengisi piring anda dengan berbagai jenis makanan segar dan sayuran akan membuat anda sehat. Jadikan piring anda penuh dengan warna-warni pelangi. Makanan yang biru, ungu, merah, hijau, atau oranye merupakan mengandung zat antioksidan dan mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Sayur untuk kesehatan

3. Kebutuhan Tidur yang tercukupi. 
Menurut Ayurveda, tidur adalah penjaga kehidupan. Selama tidur, tubuh kita akan mengalami proses penyembuhan dan meremajakan diri. Kurangnya tidur dapat mengganggu keseimbangan alami tubuh, melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, dan mempercepat proses penuaan. Seseorang pada umumnya membutuhkan antara 6 sampai 8 jam untuk tidur setiap malam. Tidur lelap secara alami tanpa penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol. Jika Anda merasa energik dan bersemangat ketika Anda bangun, maka kebutuhan tidur anda tercukupi. Jika Anda merasa lelah dan malas, maka kebutuhan tidur anda masih kurang.
  
tidur lelap

4. Hidup selaras dengan alam.
Ungkapan "hidup selaras dengan alam" memiliki makna yang tepat dalam Ayurveda. Hiduplah dengan selalu menjaga keseimbangan diri anda dengan alam. Ketika anda menjaga keseimbangan dengan alam maka kesehatan tubuh dan pikiran anda tetap terjaga. Ketik waktunya tidur malam, maka anda harus tidur. Ketika waktunya anda makan harus makan. Apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita secara alami maka kita harus memenuhinya.Selain itu tentu kita juga harus menjaga lingkungan dimana kita tinggal, membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

alam bersih
5. Memperkuat daya pencernaan Anda.
Ayurveda mengajarkan, kesehatan yang baik tergantung pada kemampuan kita untuk memetabolisme gizi, emosional, dan sensoris yang kita apa yang kita makan. Energi pencernaan kita dikenal sebagai agni (api) kuat, sehingga jaringan pencernaan kita sehat, menghilangkan produk-produk limbah secara efisien dan menghasilkan esensi halus disebut ojas. Ojas, yang dapat dibayangkan sebagai sumber vitalitas, adalah dasar terciptanya persepsi, kekuatan fisik, dan kekebalan. Di sisi lain, jika agni kita lemah, pencernaan kita juga tidak sehat dan menyebabkan akumulasi residu beracun yang dikenal sebagai ama. Penumpukan ama di pikiran dan tubuh menyebabkan hambatan dalam aliran energi, zat, dan makanan, dan sumber dari semua penyakit.
makan sehat

Berikut adalah beberapa praktek Ayurvedic untuk memperkuat api pencernaan Anda:

  • Selalu duduk ketika makan (jangan makan di depan komputer atau TV atau saat Anda sedang mengemudi).
  • Makan dalam suasana tenang dan jangan ketika Anda marah.
  • Jangan makan sampai sebelum anda lapar.
  • Makan pada kecepatan yang normal. Jangan menelan makanan atau makan terlalu lambat.
  • Meminimalkan makanan mentah, yang jauh lebih sulit untuk dicerna dibandingkan yang dimasak.
  • Sertakan semua enam rasa setiap kali makan.
  • Minum air hangat atau dengan jahe setiap hari.
  • Berlatih beberapa bentuk latihan fisik secara teratur.
  • Lakukan pijat minyak setiap hari dengan minyak herbal yang membuat segar pikiran dan tubuh Anda.
  • Sempatkan waktu bermeditasi setiap hari.
  • Gunakan detoksifikasi herbal seperti triphala , ashwagandha (ginseng india), guggulu , Brahmi, jahe, kunyit dan neem.
6. Bikin santai aja.
Bila Anda mengamati alam, Anda akan melihat rumput yang tidak mencoba untuk tumbuh; namun hanya tumbuh mengikuti alam. Burung tidak mencoba untuk terbang; mereka hanya terbang secara alami. Bunga tidak mencoba untuk mekar; mereka hanya mekar sesuai dengan alam. Semua berjalan secara alami. Ketika Anda mengejar status, uang, kekuasaan, atau penghargaan, Anda membuang-buang energi, tetapi ketika tindakan Anda termotivasi oleh kasih, energi Anda mengembang dan terkumpul, kasih anda akan semakin meningkat.
ketenangan diri


0 komentar:

Post a Comment