*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Dewi Lakshmi Dewi Kemakmuran

Laksmi

Om Swastyastu,
Para pembaca yang berbahagia, semoga hari ini Anda dalam keadaan sehat dan sejahtera. Kali ini kami akan membahas tentang Dewi Laksmi. Dewi Laksmi juga dikenal dengan nama Dewi Sri atau dalam masyarakat Sunda dikenal dengan nama Dewi Pohaci.

Dewi Lakshmi adalah dewi kekayaan atau dewi kemakmuran. Dalam Theologi Hindu, dia adalah Shakti dari Dewa Wisnu. Dia disebut dengan banyak nama, seperti Padma, Sridevi, Shriya, Kamakshi, Minakshi, Madhavi, Satya, Svarnamayi, Hemamalaini, Kshirarajatanaya, Sugandhini, Vishnupriya, Subhaprada, dan sebagainya. Sejumlah hymne, Purana, Sloka, sthuthi, Tantra menyebut nama-Nya.

Menurut legenda, ia dilahirkan dari proses pemutaran lautan susu dan diberikan sebagai hadiah untuk Dewa Wisnu. Dia sangat baik di puja pada hari Jumat dan hari raya seperti Diwali. Banyak candi didirikan untuk sang dewi. Secara simbolis Dia mewakili semua kualitas tertinggi, dan kekuatan dari Tuhan. Dia adalah kemegahan, cahaya dan kelimpahan anugerah yang mengalir dari Tuhan.

Semua kekuatan positif yang anda alami di alam semesta berasal dari Dia. Dia adalah sumber dari segala bentuk kekayaan. Pada tingkat fisik dia melambangkan kekuatan, kekayaan materi, kesehatan fisik, keindahan dan cinta kasih. Pada tingkat mental dia melambangkan kedamaian, kebahagiaan, sikap positif, dan keseimbangan batin. Pada tingkat spiritual ia melambangkan semua kekuatan yoga atau Siddha, tidak mementingkan diri sendiri, kebaikan, disiplin dan pelayanan tanpa pamrih. 

Sebagai permaisuri dari Dewa Wisnu, Dewi Lakshmi melakukan tugas yang sama dengan Dewa Wisnu, sebagai pemelihara dan mengatur keseimbangan dunia. Dalam Simbol dan gambar Dia digambarkan dalam posisi duduk atau berdiri di atas bunga teratai dengan latar belakang seekor gajah. Teratai melambangkan penciptaan, keindahan, keharmonisan, keberagaman, stabilitas, dan dorongan. Gajah melambangkan kekuatan dan anugerah. Burung hantu adalah kendaraan nya yang melambangkan keberanian dan kemampuan untuk melihat dalam kegelapan. Makna simbol dalam pratima Dewi Laksmi adalah sebagai berikut:

  1. Prakriti: Sebagai aspek tertinggi Shakti, Lakshmi dipersonifikasikan sebagai Ibu Dewi. Dia bertanggung jawab dalam pemeliharaan alam semesta.
  2. Materialitas: Sebagai sumber dari segala kekayaan, Lakshmi adalah sumber dari semua materialitas dan perwujudan. Dunia diciptakan oleh tattva nya (realitas).
  3. Delapan bentuk kekayaan: Lakshmi melambangkan segala bentuk kekayaan yang meliputi ternak, biji-bijian makanan, logam, mineral, dll. Dia juga merupakan sumber dari bentuk-bentuk lain dari kekayaan, yaitu kecerdasan (buddhi), kecemerlangan mental (Medhas), kekuatan (balam), keberanian (viryam), keturunan, kesehatan, kebersihan, kebahagiaan, kesenangan, dan sebagainya. Secara tradisi Dia dianggap sebagai delapan sumber dari bentuk kekayaan, yaitu kreativitas, stabilitas, keberanian, kekuatan, keturunan, kemenangan, pengetahuan, kekayaan.
  4. Keberuntungan : Sebagai dewi kekayaan. Dewi juga melambangkan keberuntungan. Juga dipercayai bahwa dengan menyembah Dewi Lakshmi dapat mengusir kemalangan dan ketidak beruntungan.
Demikian para pembaca yang baik dan dalam keadaan beruntung, semoga artikel tentang simbol Dewi Laksmi ini bisa menambah wawasan kita. Swaha.

1 komentar: