*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Pasraman Kilat Se-Jawa Barat Tahun 2015

Om Swastyastu,
Pasraman Kilat Se-Jawa Barat Tahun 2015 telah dilaksanakan dari hari Sabtu s.d Minggu 21-22 Nopember 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasraman Widya Dharma, Pura Wira Satya Dharma, Jl. AH. Nasution Komplek YON-ZIPUR 9, Ujung Berung Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari Pasraman-Pasraman di wilayah Jawa Barat diantaranya :

Peserta Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram


  1. Pasraman Widya Dharma, Ujung Berung
  2. Pasraman Widya Dharma Husein Sastranegara
  3. Pasraman Widya Dharma Secapa
  4. Pasraman Widya Dharma Sulaiman
  5. Pasraman Widya Dharma Cimahi
  6. Pasraman Widya Laya Cirebon
  7. Pasraman Widya Laya Purwakarta
  8. Pasraman Giri Kusuma Bogor
  9. Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram -Bogor
  10. Pasraman Bumi Natha Sakti -Bogor
  11. Pasraman Raditya Dharma -Cibinong
  12. Pasraman Tirtha Bhuana Bekasi
  13. Pasraman Swastika Dharma -Depok
Kilas Kegiatan antara lain :

1. Pembukaan
Pembukaan acara Pasraman Kilat se-Jawa Barat dihadiri oleh Bapak I Nyoman Sukadi Arsa, S.Ag selaku Pembimas Hindu Provinsi Jawa Barat, Ketua Parisada Hindu Dharma Jawa Barat dan Ketua Pasraman se-Jawa Barat.

Ada moment yang mengagumkan yaitu Pembaca Sloka. Pembaca Sloka dalam pembukaan ini mungkin masih berumur belasan tahun, namun sudah mahir membaca sloka. Nadanya yang merdu membuat bulu kudu merinding terhanyut di dalamnya.




2. Yoga 
Pagi-pagi para peserta diajak untuk mengolah badan dengan melakukan Yoga. Dipimpin oleh Instruktur profesional, seluruh peserta mengikuti Yoga. Para peserta bersemangat walaupun pagi-pagi harus bangun mempersiapkan diri. Yoga diawali dengan berdoa terlebih dahulu, Pengaturan nafas, Asanas dan Surya Namaskar.




3. Praktek Membuat Daksina,Canangsari dan Kwangen
Setelah peserta dibagi menjadi 10 kelompok  dengan mencampurkan dari masing-masing Pasraman. Kemudian masing-masing kelompok Praktek membuat Daksina, Canangsari dan Kwangen. Para Peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Selain mendapatkan sahabat, peserta juga mendapatkan ilmu berharga tentang bagaimana membuat Daksina, Canangsari dan Kwangen serta maknanya.


4. Game membangun kekompakan dan kebersamaan
Ke-10 team kemudian mengikuti permainan untuk mengasah kekompakan dan kebersamaan. Ada 4 pos permainan yang dipandu oleh para pendamping. 


5. Materi Cara Membaca Mantra dan Scientifik Veda
Pada kesempatan selanjutnya para peserta mendapatkan pengetahuan bagaimana cara membaca mantra dan scientifik Veda. Materi disampaikan oleh Bapak I Nengah Kondra. Beliau adalah salah satu penyuluh Hindu yang sering memberikan pembinaan-pembinaan di Wilayah Jawa Barat. Beliau menjelaskan secara detail kepada para Peserta tentang Mantra-Mantra Veda. para Peserta sangat antusias menyimak penjelasan dari narasumber.


6. Persembahyangan Bersama dan Berlatih Kidung
Para peserta dalam kesempatan ini diberikan ilmu tentang bagaimana etika bersembahyang dan diberikan pelatihan secara langsung tentang Kidung keagamaan. Sungguh sebuah kesempatan yang berharga dapat ikut kegiatan Pasraman Kilat kali ini.



7. Presentasi masing-masing Kelompok tentang Dewa-dewa Hindu
Para peserta kemudian masing-masing kelompok membuat sebuah artikel tentang Dewa-Dewi Hindu kemudian mempresentasikan kepada kelompok lain.


8. Materi Game, Motivasi, Leadership and team work
Kegiatan selanjutnya adalah materi dari Bapak Wayan Kumara Giri. Beliau dengan semangat memberikan motivasi kepada peserta. Dilanjutkan dengan game out door. 



9. Penutupan
Sepertinya waktu sangat cepat berlalu sampai akhirnya waktu penutupan telah tiba. yah....selesai dah....Para peserta sebetulnya ingin lebih lama lagi namun apa daya kebersamaannya cukup sekian.


Kesan dan Pesan :
Mengutip dari apa yang disampaikan oleh salah satu peserta yang menyampaikan kesan dan pesan :
"Kegiatan ini merupakan titik awal dari semangat anak-anak Hindu untuk berjuang meningkatkan Sraddha dan Bhakti dan juga agar anak-anak Hindu semakin kokoh dalam persahabatan"

Om Santih Santih Santih Om. (Salam dari Bogor untuk Sahabat Hindu).

0 komentar:

Post a Comment