*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Mengajarkan Doa/Mantra Kepada Anak Kita



Tidak diragukan lagi, Anda pasti mencintai anak-anak Anda. Anda mendaftarkan mereka ke sekolah terbaik, memberi mereka makanan yang paling bergizi, dan membelikan mereka mainan, pakaian, buku, dan video game yang mereka dapat pamerkan kepada teman-teman mereka. Namun, dalam beberapa waktu, mainan itu akan rusak; buku-buku komik akan robek; pakaian menjadi sempit. Mengajarkan Kebaikan dan mengajarkan tradisi kepada mereka adalah hal yang terbaik. Budayakan kepada mereka tentang mengucapkan doa mantra. Doa atau mantra tidak akan pernah rusak oleh jaman. 
Mengapa Mantra?

Anda dapat belajar tentang mantra dan bagaimana mereka dapat digunakan. Berikut adalah beberapa mantra terkenal yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak Anda sehingga mereka tumbuh dengan kepercayaan dan keyakinannya.

Ganesh Mantra

Mantra ini, didedikasikan untuk Dewa Ganesha, diucapkan sebelum kegiatan, ritual atau puja dilakukan.

Mantra:

Vakratunda Mahakaya Surya Koti Samaprabha
Nirvhignam Kurumedeva Sarva Karyashu Sarvada


Artinya: Ya Tuhan dengan tubuh besar, belalai melengkung, dan penuh kecemerlangan. Bebas pekerjaan saya dari semua rintangan, selamanya.

Gayatri Mantra

Dengan mengulangi, nyanyian dengan pengucapan Mantra Gayatri yang benar, dikatakan bahwa seseorang dapat mencapai pencerahan.

Mantra:

Aum Bhur Bhuva Svaha
Tat Savitur Varenyam
Bhargo Devasya Dhimahi
Dhiyo Yo Nah Prachodayat,


Hare Krishna Maha Mantra

Hare Krishna Hare Krishna
Krishna Krishna Hare Hare
Hare Rama Hare Rama
Rama Rama Hare Hare



Shanti Mantra

Setiap mantra ini diikuti oleh frase "Om shanti, shanti, shanti", dan karenanya mantra ini dikenal secara kolektif sebagai mantra Shanti. Kata 'shanti' berarti damai dalam bahasa Sansekerta.

Mantra 1:

Asatoma gamaya 
Tamaso ma jyotir gamaya
Mrityor ma amritam gamaya



Artinya: Tuntunlah hamba dari ketidakbenaran menuju kebenaran; dari kegelapan ke cahaya; dari kematian menuju keabadian.

Mantra 2:

Om poornamadah poornamidam
Poornaat poornamudachyate
Poornasya poornamaadaya
Poornamevaavashishyate


Artinya: Itu adalah Absolute. Ini adalah mutlak. Mutlak timbul dari mutlak. Mutlak diambil dari Mutlak, namun Absolute tetap.

Mantra 3:

Om sahanaa vavatu sahanau bhunaktu
Saha veeryam karavaavahai
Tejasvi naavadheetamastu maa vidvishaavahai



Artinya: Semoga DIA melindungi kita. DIA memelihara kita. Semoga kita dapat bekerja sama. Semoga Ilmu pengetahuan kami dapat mencerahkan! Semoga kita tidak pernah saling membenci!

Doa untuk Guru 

Mantra:

Guru Brahma Guru Vishnu Guru Devo Maheshwara
Guru Sakshath Parambrahma Tasmai Shri Gurave Namaha



Artinya: guru adalah pencipta, guru adalah pemelihara, dan guru adalah pemralina. Guru adalah Abadi. Aku sujud kepada Mu.

Tips umum
  • Menanamkan rutinitas sehari-hari untuk bersembahyang. Misalnya, mengucapkan doa-doa ini dengan anak-anak Anda setelah mandi pagi dan sebelum sarapan.
  • Tunjukkan kepada anak-anak Anda bagaimana cara bersujud di hadapan dewa dan melakukan puja.
  • Ajarkan anak Anda bagaimana pengucapan yang benar dari mantra dan doa. Jika Anda tidak tahu sendiri, lihat DVD, CD, kaset, buku-buku agama, dll.
  • Jangan memaksa anak Anda untuk bisa mengucapkan doa-doa ini. Ingat, Sembahyang harus dalam keadaan senang dan tenang.  
  • Buat Sembahyang menjadi menarik. Berceritalah kepada anak anda setelah sembahyang tentang doa-doa ini.
  • Jika anak-anak Anda cukup dewasa, menjelaskan makna dari doa-doa ini. Bersiaplah untuk semua pertanyaan yang mereka sampaikan.

0 komentar:

Post a Comment