Implementasi Kurikulum 2013 Wilayah Bali Angkatan II

Pada Hari Selasa hingga Jumat, 23-26 September 2014 tepatnya di Hotel Inna Grand Bali Beach-Sanur dilaksanakan sebuah kegiatan Implementasi Kurikulum 2013 untuk para Guru-Guru Agama Hindu wilayah Bali. Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman para Guru tentang Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2013. Kegiatan ini merupakan program kegiatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Dirjen Bimas Hindu; Prof.Dr. IBG.Yudha Triguna, MS dan juga Bapak Direktur Pendidikan Agama Hindu, Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si.  Bapak Dirjen menjelaskan tentang pentingnya Kurikulum 2013 ini. Setiap Guru Agama Hindu harus memahami tentang Kurikulum ini sehingga dapat mentransfer Ilmu kepada anak didik.

Materi Pelajaran harus disampaikan dengan sangat lugas, tepat dan jelas serta mengajak Guru Agama untuk kreatif, aktif dan inovatif di dalam melaksanakan kegiatan tugas sebagai guru agama. Disamping itu pula bahwa guru-guru diberikan motivasi untuk paham terhadap tugas, paham terhadap adat dan budaya sehingga corong terdepan keberhasilan guru agama Hindu dapat tercapai secara keseluruhan.

Disamping itu pula semua peserta Implementasi Kurikulum 2013 diberikan praktek langsung tentang pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai Guru di Sekolah. Guru-Guru sangat aktif mengikuti dan tekun mendengarkan apa yang disampaikan oleh Narasumber, yang sudah barang tentu akan bermanfaat untuk menyebarluaskan kepada anak didik di masing-masing sekolah.

Wawasan guru-guru semakin bertambah dan kecerdasan intelektual guru dapat dilihat dari keseriusan dari pada Guru-guru mengikuti pembinaan tersebut. Diakhir acara Guru-Guru diberikan waktu untuk Sharing untuk menyampaikan hal-hal yang belum diketahui dan perlu dipertanyakan kepada Narasumber.

Download :

Buku Pegangan Guru dan Siswa  Agama Hindu 2013 disini
Kurikulum 2013 disini
Contoh RPP Agama Hindu disini
Silabus 2013 disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar