*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Ketaatan Sang Murid Aruni dan Upmanyu

Aruni dan UpmanyuDalam kitab suci Hindu menunjukkan kepada kita bahwa siswa sejati adalah mereka yang mendengarkan nasihat orang tua dan guru mereka dan mengikuti perintahnya. Dua pahlawan seperti itu adalah Aruni dan Upmanyu.

Aruni dan Upmanyu pergi ke Rishi Dhaumya untuk menuntut ilmu pengetahuan. Dahulu, siswa muda harus mencari seorang guru. Setelah mereka menemukannya, mereka akan meninggalkan rumah, dan tinggal dalam waktu lama di ashram guru mereka. Mereka akan melakukan apa yang guru mereka minta. Guru memberikan wejangan tentang pengetahuan spiritual.

Suatu hari, Sang guru memutuskan untuk menguji iman Aruni dan Upmanyu itu. Dia mengatakan kepada mereka untuk mengembalakan sapi di hutan. Guru mengatakan kepada mereka untuk tidak mengambil makanan dan tidak makan apa saja dari hutan. Aruni dan Upmanyu mematuhi perintah guru mereka.

Beberapa hari berlalu, dan guru bertanya-tanya bagaimana mereka bertahan hidup tanpa makan. Guru bertanya kepada mereka, dan Upmanyu menjawab, "Kita minum susu sapi saat kita lapar." Senang dengan respons ini, ia kemudian memerintahkan mereka untuk tidak minum susu. Aruni dan Upmanyu tidak mengambil makanan, makan apa-apa dari hutan, mereka juga tidak minum susu sapi. Tapi ketika mereka merasa lapar, mereka meminta sedekah dan makan apa yang mereka dikumpulkan. Ketika sang guru mereka menemukan mereka telah meminta-minta, ia memberi  larangan lain. Sekarang mereka tidak boleh mengambil makanan, makan dari hasil hutan, minum susu dari sapi atau mengemis.

Selama tiga atau empat hari, Aruni dan Upmanyu tidak bisa lagi menahan lapar. Mereka makan beberapa buah. Namun, buah yang beracun, dan namun mereka menjadi buta. Saat mereka berjalan membabi buta, mereka jatuh ke dalam sumur. Guru menjadi khawatir ketika anak-anak tidak kembali ke ashram. Dia memutuskan untuk pergi mencari mereka. Dia memanggil nama mereka dan anak-anak menjawab dari sumur. Guru membantu mereka keluar dan merasa senang dengan ketaatan dan pengabdian mereka. Dia senang bahwa mereka telah mengikuti setiap Perintahnya. Jadi, ia meminta kepada dewa Wisnu untuk mengembalikan penglihatan mereka.

Aruni dan Upmanyu adalah Siswa sejati karena guru mereka merasa senang dengan mereka. Kita semua bisa menjadi siswa seperti Aruni dan Upmanyu. Bagaimana? Dengan mengikuti wejangan dari para Guru, sujud kepada orang tua kita, melakukan puja sehari-hari, dan belajar sungguh-sungguh di sekolah.

Diterjemahkan dari cerita "Aruni and Upmanyu di  http://kids.baps.org/storytime/

0 komentar:

Post a Comment