Purve Pitarah Veda , Leluhur Ajaran Veda

Tradisi India telah menjunjung ajaran Veda sepanjang masa dalam penghormatan tertinggi maka telah menanamkan mereka dengan otoritas dari sastra suci Veda, yang berasal dari wahyu, kebijaksanaan dan kebenaran. Rahasia apa yang telah memungkinkan ajaran Veda memegang posisi unggul dari awal mula di India? Apakah ada sesuatu di dalam ajaran Veda yang berharga bagi manusia sampai dihormati seperti yang telah mereka lakukan?

Veda merupakan catatan pengetahuan spiritual tertua dalam peradaban manusia mengenai siklus kehidupan, alam kesadaran dan alam semesta, secara mendalam dan menyeluruh. 'Purve Pitarah Veda' (Leluhur Veda) merupakan ayah dari nyanyian suci mantra Veda. Leluhur Veda membentuk titik awal ajaran Veda dan kemudian sastra Veda secara luas mengalir dan dikembangkan seputar pengalaman mereka.

Pada suatu periode dalam sejarah, kemungkinan pada akhir jaman peradaban Veda di mana mantra pertama kali dinyanyikan, dianggap perlu mengumpulkan dan menyusun semua mantra yang tersedia pada saat itu. Kebutuhan untuk mengkompilasi mantra Veda muncul untuk mencegah kehilangan yang tak dapat dihindari dengan berlalunya waktu dan juga untuk menjaga Veda dalam bentuk bagaimana dinyanyikan.

Menurut Tradisi, Veda dikumpulkan di bawah arahan Guru Besar dan Penyusun dari Jaman Keemasan - Vyasa. Kata 'Vyasa' itu sendiri memiliki arti 'Penyusun'. Nama Guru Besarnya adalah Krsna Dvaipayana dan penyusun yang bekerja di bawah bimbingannya untuk mengkompilasikan Chatur Veda Samhita bernama Paila, Vaishampayana, Jaimini dan Sumantu. Tentu apa yang telah disusun tidak menguras semua mantra yang ada pada saat itu karena kompilasi mewakili sisa-sisa yang selamat dari berlalunya waktu dan masih ada pada saat dikompilasi. Mantra yang telah diturunkan dari Guru ke Sisya, melalui daya ingatan, walau diajarkan dengan cara yang sangat teliti tak terhindari mengalami pengurangan dalam jumlah dalam setiap generasi.

Ribuan tahun telah berlalu tetapi para Purve Pitarah Veda (Leluhur Veda) masih membimbing kita melalui petunjuk suci Veda yang mereka wahyukan. Dengan tekun dan tak kenal lelah mereka telah menyampaikan sebuah landasan hidup yang bercahaya dalam kecemerlangan kebenaran universal yang berlaku bagi seluruh umat manusia.

Semoga kesadaran, rasa syukur, rasa berterima kasih dan cinta terhadap ajaran Veda yang suci dan adiluhung dapat semakin berkembang.

Om Shantih

Sumber : #sayacintahindu ��

8 komentar:

  1. terima kasih atas beritanya, semoga kita bisa bekerja sama dengan baik..lihat daftar samsung smartphone y di sini...

    Samsung Omnia Pro 5

    Samsung Omnia Lite

    Samsung Galaxy Nexus

    Samsung Galaxy Mini

    BalasHapus
  2. terima kasih atas beritanya... hadirkan terus berita ter uptudat lainya. lihat artikel harga samsung smartphone y juga y!
    Samsung Galaxy Mega 5.8
    Samsung Galaxy Young
    Samsung Galaxy Ace 3
    Samsung Galaxy Grand 2

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya
    bagi yang butuh informasi hp oppo.. lihat aja link oppo smartphone nya
    Oppo Find 5
    Oppo Find 5 Midnight
    Oppo Neo 3
    Oppo Find Clover

    BalasHapus
  4. salam sukses ya, semoga kita bisa bekerja sama dengan baik. beritanya uptudate banget, untung saya sempat berkunjung jdi saya tidak ketinggalan informasi.. terus sukses ya... lihat harga samsung smartphone y dong di sini!


    Samsung
    Samsung Galaxy Infinite
    Samsung Galaxy Round
    Samsung Galaxy Note 3

    BalasHapus
  5. makasih atas informasinya, semoga jadi sekolah terpavorite dan menjadi sekola unggulan. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Mega 5.8
    Samsung Galaxy Young
    Samsung Galaxy Ace 3
    Samsung Galaxy Grand 2

    BalasHapus