*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Hindu tidak Punya Nabi, Punya Rsi


Putri kecilku yg kelas 4 SD,pulang dgn wajah cemberut. Putriku bertanya : papa....kenapa agama Hindu tidak punya  Nabi,agama lain semua punya Nabi yg menyampaikan Wahyu ajaran agamanya pada umatnya.

Hindu sering di sebut agama Bumi karena di anggap hasil karya manusia,sedangkan agama lain adalah agama Langit karena berasal dari Wahyu yg di sampaikan Nabinya....

Putri kecilku sendiri beragama Hindu dalam kelasnya,kami di perantauan. Lalu aku menjawab :
"Oh putriku tersayang.....agama Hindu berdasarkan Weda memang bukan agama yg berdasarkan Wahyu....

Agama Hindu juga memang tidak memiliki Nabi,walau Maha Rsi Byasa penulis Weda,beliau bukan dapat dari Wahyu,tetapi Ajaran Weda berasal dari ajaran 7 Maha Rsi yg di tulis kembali oleh Maha Rsi Byasa.

Dari manakah Maha Rsi ini memperoleh ajaran2nya ???
Hindu adalah "Agama Jiwa".
Agama Jiwa adalah agama yg di dasarkan atas pengalaman rohani langsung yg di peroleh oleh para Maha Rsi ketika mengalami persatuan jiwa dengan Tuhan (samadhi atau Anubhava). Bukan agama yg berdasarkan dogma/abtraksi pemikiran teologis atau 'wahyu' yg di sampaikan melalui seorang perantara(malaikat) kepada seorang utusan/Nabi.

Hindu tidak membutuhkan Nabi utk mendapatkan ajaran Tuhan. Tuhan tidak dapat di pahami oleh persepsi indria/pratyaksa atau kesimpulan logika/anumana. Tuhan hanya bisa di pahami melalui pengalaman langsung.

Para maha Rsi bisa menyatu dengan Tuhan setelah beliau beliau mengenal jati dirinya sebagai Atma yg Kekal. Kita bukanlah badan yg akan hancur ini,kita adalah Atma kekal yg terus hidup yg telah mengganti ratusan bahkan ribuan kali tubuh yg tidak kekal ini.
Meskipun Tuhan ada di mana2,tapi Tuhan lebih mudah di temukan di dalam Jiwa yg menghidupi tubuh ini.

Tubuh ini adalah Pura suci tempat bersemayamnya Atma Juga Tuhan sebagai Parama Atma. Tuhan sebagai Parama Atma bersemayam di Jantung kita. Beliau berstana/duduk di singgasana dengan perasaan Kagum dan penuh penghormatan,bukan dgn ketakutan.
Ketakutan adalah sumber utama takhyul dan kekejaman.

Menaklukkan ketakutan adalah awal kebijaksanaan dalam mengejar kebenaran. Tentang Tuhan. Orang hindu bukan takut pada Tuhan,tetapi mencintai Tuhan melalui pelayanan/Bhakta.

Di samping 7 rsi ada ribuan Rsi yg sangat suci,mereka semua bisa berhubungan langsung dgn Tuhan melalui Semadhi,mereka meyatu dgn Tuhan dengan penuh ' Kebahagian'.

Para Maha Rsi ini tidak terikat oleh urusan duniawi,mereka sangatlah 'suci'. Hidup mereka hanyalah untuk semadhi agar menemukan kebahagian bertemu dgn Tuhan,karena Atma adalah bagian kecil dari Parama Atma/ Tuhan,yg sudah Menyadari dirinya Atma akan mudah menyatu dgn Parama Atma/Tuhan karena  Atma dan Parama Atma/Tuhan memiliki  zat hidup yg sama.

Tersenyumlah Putri kecilku.....Agamamu sangatlah mengagumkan,engkau tidak
memiliki Nabi tetapi engkau memiliki ribuan orang suci yg sangat mengagumkan.,saking sucinya para Rsi ini mereka memiliki kemampuan melebihi Dewa itu sendiri....Rsi Agastya dapat memerintahkan gunung berhenti meletus. Rsi Wiswamitra dapat menciptakan Sorga baru menyaingi Sorganya Dewa Indra. Rsi Narada dapat pergi ke sorga,neraka,ke bumi atau planet2 lain dgn badan Kasarnya. Rsi Markandya bisa mengingat setiap kelahirannya jaman dahulu.
Mereka punya kemampuan hebat karena dekat dengan Tuhan....

Semoga engkau bangga terhadap agamamu putriku....Bangga terhadap orang orang sucimu....
Janganlah ajaran mulia itu engkau miliki sendiri.....sebarkanlah pada banyak orang.
Engkau akan mulia saat engkau memiliki ilmu....tetapi akan lebih mulia jika engkau bagikan ilmu itu pada banyak orang sehingga banyak orang akan termuliakan oleh ilmumu itu.....
putriku tersayang.....papa mencintaimu....

0 komentar:

Post a Comment