*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

Maharaja Mahabhima

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/6a/Ganga2.jpg/260px-Ganga2.jpg
Zaman dahulu ada seorang raja yang bernama Maharaja Mahabhima. Beliau adalah raja keturunan Surya Vamsa (dinasti surya). Suatu hari Maharaja Mahabhima menyelenggarakan kurban kuda sebanyak 1.000 ekor, agar mendapat pahala tinggal di surga.
Setelah lama tinggal di surga, Mahabhima memutuskan menghadap Dewa Brahma. Seluruh dewa dan dewi ikut menghadap, termasuk Dewi Gangga. Setelah sampai di tempat Dewa Brahma semua penduduk surga berdiri dan memberikan sembah kepada Dewa Brahma, sambil mengucapkan “Om Svastyastu”. Setelah mengucapkan salam, semua dewa-dewi duduk. 
Secara tiba-tiba, angin berhembus dengan hembusannya membuat kain yang dipakai oleh Dewi Gangga tersingkap. Semua Dewa serempak menundukkan kepala, kecuali Maharaja Mahabhima. Dewa Brahma yang memperhatikan perbuatan Maharaja menjadi marah dan memberikan kutukan kepada Maharaja Mahabhima dan Dewi Gangga agar menjadi manusia. Dewi Gangga kemudian turun ke bumi menjadi manusia. 
Sesampainya di bumi, Dewi Gangga didatangi oleh Sang Retabhasu. Retabhasu adalah salah seorang dari delapan Vasu yang dikutuk oleh Maharsi Vasistha karena mencuri Lembu Nandhini milik Maharsi. Sang Retabhasu meminta kepada Dewi Gangga agar bersedia melahirkannya sebagai putranya. Permintaan Sang Retabhasu diterima oleh Dewi Gangga. Setelah Dewi Gangga menikah dengan Raja Santanu dan dikaruniai putra yang bernama Bhisma atau Dewa Bratha. Dewa Bratha adalah penitisan kembali Sang Retabhasu menjadi manusia ke dunia.

0 komentar:

Post a Comment