*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

BERMAIN DI LUAR RUANG, ANAK PUN BERTAMBAH PINTAR!

BERMAIN DI LUAR RUANG, ANAK PUN BERTAMBAH PINTAR!


Hasil penelitian yang dilakukan Urban Child Institute menunjukkan bahwa perkembangan otak si Kecil sudah mencapai 90% kapasitas orang dewasa hanya dalam 6 tahun. Dengan kapasitas otak sebesar ini, si Kecil pun tentunya penuh rasa ingin tahu tentang apa saja yang terjadi di sekitarnya. Oleh karena itu, masa-masa ini adalah saat yang tepat untuk mulai memperkenalkan si Kecil kepada berbagai pengetahuan tentang dunia tempatnya tinggal.Melihat si Kecil belajar mengenal lingkungannya memang menyenangkan ya, Bu? Apalagi, tingkah laku mereka yang seringkali penuh rasa ingin tahu seringkali terlihat menggemaskan! Nah Ibu, sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya lho mengapa pada usia perkembangan emas (1-6 tahun) ini si Kecil mulai aktif bertanya dan mencari tahu.
Cara memperkenalkannya mudah kok, Bu! Selain melalui dongeng, bernyanyi, dan membaca buku pengetahuan seperti ensiklopedia, Ibu bisa mengajak si Kecil untuk bermain diluar ruangan.
Penelitian dari Urban Child Institute juga menghasilkan kesimpulan bahwa selain berdampak baik bagi kebugaran tubuhnya, bermain diluar ruangan bisa merangsang pertumbuhan otaknya sehingga si Kecil pun dapat tumbuh berkembang secara optimal.
Jadi, alangkah baiknya jika Ibu bisa meluangkan sedikit waktu untuk menemani si Kecil bermain di pagi atau sore hari. Aktivitas sederhana seperti bersepeda, lompat tali, bermain di kotak pasir, atau bahkan hanya sekedar berjalan-jalan saja sudah turut membantu perkembangan refleks motorik kasar di otaknya, Bu!
Selain itu, bermain di luar ruangan juga bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan si Kecil dengan berbagai macam benda, tumbuhan, dan binatang yang ada disekitarnya. Tidak berhenti disitu, bermain di luar juga akan mendorong si Kecil untuk mulai belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan orang-orang disekitar rumahnya.
Kemudian di akhir pekan, mengajak si Kecil bertamasya bisa jadi pilihan yang menarik untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Tempat-tempat seperti kebun binatang, museum, bumi perkemahan, taman hutan nasional, ataupun pertanian agrowisata biasanya mempunyai paket wisata yang khusus ditujukan untuk anak-anak. Dengan bermain dan mengenal alam secara langsung, si Kecil akan memperoleh berbagai macam pengetahuan baru yang menarik dan proses kognitif otaknya juga akan berkembang dengan baik.
Nah Bu, agar proses belajar dan bermain si Kecil dapat berjalan dengan optimal tentunya dia membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, seperti ALA/LA, kolin, vitamin, mineral dan juga pemenuhan kebutuhan energi otaknya.


0 komentar:

Post a Comment