*** Om Swastyastu.Selamat Datang di Website Lembaga Pendidikan Pasraman Ganesha Brahmachari.Om Santih Santih Santih Om***

Páginas

IDA PEDANDA GEDE MADE GUNUNG “Lebar” RABU 18 MEI 2016

 

IDA PEDANDA GEDE MADE GUNUNG “Lebar” RABU 18 MEI 2016 Di rumah sakit umum pusat sangglah Denpasar - Bali. Tanggal: 18 Mei 2016 Jam:7:43 am • 

Ida Pedanda Made Gunung, Rabu (18/5) pukul 04.45 Wita lebar . Ida Pedanda menghembuskan nafas terakhirnya di RSUP Sanglah. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ida Pedanda mulai sakit sejak sebulan lalu. Seminggu lalu, Ida Pedanda sudah dirawat di Sanglah. Dari informasi, Ida Pedanda mengalami sesak nafas sehingga menjalani perawatan di RS. Ida Pedanda sempat dirawat di Wing Amerta, namun sekarang pindah ke ICU Jantung. Ida Pedanda saat berada di ICU Sanglah menderita stroke non hemmorhagik luas. Ida Pedanda mengalami gagal nafas dan akhirnya meninggal dunia, pukul 04.45 wita. (Citta Maya/Manik Asta Jaya/balipost).

 "Kematian itu adalah teman setia dalam kehidupan kita"salah satu kalimat beliau dalam dharma wacana terakhir kalinya. 

PROFIL (alm ) IDA PEDANDE GEDE MADE GUNUNG : 

Om Swastiastu, Sosok Ida Pedanda Gede Made Gunung belakangan banyak diperbincangkan umat Hindu. Tokoh Hindu yang satu ini dinilai banyak kalangan memiliki pemikiran yang jauh kedepan, trampil dalam "menerjemahkan" tatwa agama dengan bahasa yang jelas dan lugas serta memiliki rasa humor yang tinggi. Pedanda yang dilahirkan di Gria Gede Kemenuh Purnawati ini, seolah - olah mengubah citra Pedanda (Pendeta Hindu) dari sekedar muput karya (memimpin pelaksanaan upacara), menjadi pemberi Dharma Wacana, disamping tentunya juga muput karya. Tidak mengherankan jika wajah beliau acapkali muncul di berbagai media, baik media elektronik maupun media cetak, untuk memberikan dharma wacana (wejangan suci) kepada umat Hindu. Beliau memberikan dharma wacana tidak hanya di Bali, tetapi juga di luar bali seperti Jakarta hingga ke Kalimantan. Beliau juga sempat matirta yatra ke India bersama Dr.Somvir. 

Setelah menamatkan SD (1965) di Blahbatuh dan SMPN (1968) di Gianyar, beliau lalu melanjutkan pendidikan ke Taman Guru Atas (1971) di Sukawati. Beliau kemudian bekerja sebagai Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Gianyar (1972 - 1974), lalu menjadi guru SD di mawang Ubud (1975 - 1983) dan selajutnya pindah ke SD 7 Saba (1987 - 1994). Tahun1992 beliau sempat mendapat peringkat sebagai guru teladan Kecamatan Blahbatuh. Disela -sela kesibukan sebagai guru, beliau melanjutkan pendidikan di Institut Hindu Dharma (IHD) hingga memperoleh gelar Sarjana Muda pada tahun 1986. Beliau Madiksa atau menjadi pedanda pada tahun 1994 dan sejak tahun 2002 sampai sekarang beliau menjadi dosen luar biasa di almamaternya di Fakultas Usada Universitas Hindu Indonesia, sebutan IHD sekarang. 

Selain itu beliau juga aktif dalam kegiatan organisasi sejak akhir tahun 1960- an. Mula - mula di bidang olah raga, menjadi pemain voli seleksi PON Bali, menjadi pelatih karate (sabuk hitam), dan kemudian organisasi keagamaan. Mula - mula beliau aktif di Parisada Hindu Dharma Indonesia ( PHDI) kecamatan Blahbatuh, PHDI Gianyar (1989-1994) PHDI Bali (1994-2001) dan PHDI Bali versi Campuhan (2001-2006) Catatan Sebelum Madiksa Dua tahun sebelum madiksa (menjadi pendeta), beliau sudah mulai membenahi pola pikir, perkataan dan perbuatan sebagai persiapan memasuki dunia kependetaan. Suatu hari, kira-kira 4 bulan sebelum madiksa, beliau pergi mengunjungi Rumah Sakit Sanglah untuk melihat mereka yang dirawat disana, beliau ingin merasakan bagaimana kondisi dan penderitaan mereka yang sedang sakit , beliau juga berjalan mengunjungi UGD, mengunjung bangsal - bangsal yang lain hingga berakhir di depan kamar mayat. Setelah itu beliau mengunjungi Rumah Sakit Wangaya untuk tujuan yang sama. Beliau juga mengunjungi Super Market, sekedar untuk melihat bagaimana anak -anak bermain dan menikmati santapan. Disana beliau sempat diikuti oleh satpam, yang barangkali merasa agak janggal karena melihat beliau yang berjenggot, berambut panjang dan menggunakan destar datang ke tempat seperti itu dan seperti dengan tujuan yang tidak jelas.Setelah itu beliau mengunjungi super market yang lain yang baru saja di buka. Beliau tidak mengunjungi diskotik atau tempat hiburan yang lain karena untuk mengunjungi tempat seperti itu harus membayar terlebih dahulu. Setelah itu beliau melanjutkan perjalanan ke pasar burung, mendengarkan kicauan burung dan melihat berbagai jenis peliharaan yang dijual disana. Disamping itu beliau juga pernah ikut menjadi sopir truk mengikut teman beliau yang menjadi sopir truk untuk mengirim pasir dari Klungkung ke daerah lain di Bali. Beliau melakukan itu untuk mengetahui bagaimana rasanya menjadi sopir truk. Setelah beliau merasa sudah cukup,mulailah beliau menyusun program tangkil (menemui) para sulinggih (pendeta) se-Bali. 

Dalam buku harian beliau, tercatat beliau pernah tangkil kepada 325 sulinggih. Untuk apa beliau melakukan semua itu? Beliau mengatakan semua itu sebagai persiapan mental untuk memasuki dunia kependetaan. Seperti merintis sebuah bangunan, sebelum memulai membangun seseorang perlu melihat berbagai model bangunan yang ada sebagai perbandingan dalam merencanakan bangunan yang baru. Unsur-unsur yang cocok ditiru, yang kurang cocok dipelajari dan seterusnya. Dan ternyata semua yang beliau dapat dari pengalaman tersebut sangat mendukung tugas- tugas yang harus beliau emban sekarang. Semua bobotnya dari sana. 

Sebuah contoh sederhana, begitu menjadi Pedanda, banyak orang yang tangkil dan semuanya bermacam- macam. Ada yang halus dan adakalanya agak emosional. Semua harus dihadapi dengan sabar. Tidak mungkin dihadapi dengan kekerasan dan main pukul seperti sewaktu beliau menjadi pelatih karate dulu. Kalupun sekarang beliau memukul, tidak menggunakan pukulan fisik tetapi pukulan rohani. Tingkat kerohanian akan berjalan baik apabila didukung oleh pengalaman, mental dan fisik yang kuat.Beliau mengatakan bahwa tujuan utama beliau untuk menjadi Pedanda bukat semata hanya untuk muput yadnya, melainkan senantiasa meningkatkan kualitas kerohanian atau Dharma Agama. Muput yadnya baru dilaksanakan kalau ada orang yang ngaturang, dalam arti kalau ada yang datang diterima kalu tidak ada tidak apa-apa. Seperti air pancuran, ada atau tidak orang yang datang untuk mengambil air, pancurannya tetap akan mengalir. 

Biodata Ida Pedanda Gede Made Gunung 
Nama :
(Walaka) : Ida Bagus Gede Suamem Nama 
(Diksa) : Ida Pedanda Gede Made Gunung 
Tempat/Tanggal Lahir : Geria Gede Kemenuh Purnawati Blahbatuh / 1952 

Pendidikan 
- Sekolah Rakyat, Blahbatuh (1965) 
- SMPN Gianyar (1968) 
- TGA Saraswati, Sukawati (1971) 
- IHD Denpasar (sarjana Muda) (1986) Pengalaman Organisasi 
- GSNI Blahbatuh (1967) 
- Persatuan Bola Volly Blabatuh (1969) 
- DPD Gojukai (Dewan Sabuk Hitam) tahun 1988-1991 
- PHDI Kecamatan Blahbatuh (1974-1989) 
- PHDI Kabupaten Giayar (1989-1994) 
- PHDI Bali (1994-2001) 
- PHDI Bali Campuhan (2001-2006) 

Pengalaman Kerja 
- PLKB Gianyar (1972-1974) 
- Guru SD 3 Mawang Ubud (1972-1974) 
- Guru SD 3 Pering Blahbatuh (1983-1985) 
- Koordinator Penyuluh Lapangan Agama Hindu Kecamatah Blahbatuh (1985-1987) 
- Guru SD Saba, Blahbatuh (1987-1994) 
- Dosen Luar Biasa Fakultas Usada IHD (2000-sekarang) 

Keluarga : 
Istri : Ida Pedanda Istri Raka 
Anak - Ida Ayu Gede Padmawati Suamem - Ida Bagus Made Purwita Suamem - Ida Ayu Ketut Puspitawati Suamem - Ida Ayu Putu Purnawati Suamem - Ida Bagus Made Eka Palguna 

Orang Tua : - Ida Pedanda Putu Gunung (Ayah) - Ida Pedanda Istri Raka (Ibu) 
Nama Saudara : - Ida Ayu Putu Sari - Ida Ayu Putu Kendran - Ida Ayu Ketut Raka - Ida Bagus Made Mahardika - Ida Ayu Gede Suprabawati 

Om, Shanti, Shanti, Shanti, 

Om KAMI SEGENAP TURUT BERBELA SUNGKAWA ATAS KEPERGIAN BELIAU , AMOR RING ACINTYA.(Alm) IDA PEDANDE GEDE MADE GUNUNG, SEMOGA KELUARGA YANG DI TINGGALKAN DI BERIKAN KETABAHAN. 

Sumber : BALI POST

11 komentar:

  1. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Oppo Smartphone.
    Oppo Find 5 Midnight
    Oppo Neo 3
    Oppo Find Clover
    Oppo Find Piano

    ReplyDelete
  2. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering untuk membanca terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    ReplyDelete
  3. semoga menjadi sokolah paling dituju oleh calon siswa baru dan mampu mencetak siswa yang berprestasi dan berbudi luhur.. amiin.
    Samsung Galaxy J1
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy Mini 2
    Samsung Galaxy W

    ReplyDelete
  4. Semoga apa yang dicita-citakan sekolah bisa terwujud dengan hasil siswa yang cerdas berbudi pekerti luhur dan bertakwa.
    Samsung Galaxy Gear
    Samsung Galaxy S
    Samsung Galaxy Note 3 Neo
    Samsung Galaxy pocket

    ReplyDelete
  5. Infonya sangat membantu sekali semoga sukses selalu jangan lupa lihat artikel advannya juga ya...........
    Advan S5j
    Advan S4a
    Advan S3
    Advan S35f

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas informasinya. semoga bermanfaat.
    lihat Spesifikasi dan Harga Gadget menarik nya
    Xiaomi Redmi 2 Prime
    Xiaomi Mi 4i
    Xiaomi Redmi 3 Pro
    Huawei P8

    ReplyDelete
  7. makasih atas informasinya, semoga jadi sekolah terpavorite dan menjadi sekola unggulan. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Mega 5.8
    Samsung Galaxy Young
    Samsung Galaxy Ace 3
    Samsung Galaxy Grand 2

    ReplyDelete
  8. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    ReplyDelete
  9. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Ace 2
    Samsung Galaxy Grand
    Samsung Galaxy Ace Plus
    Samsung Galaxy S3 Mini

    ReplyDelete