Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram merayakan Hari Raya Saraswati dengan perlombaan dan Malam Sastra secara virtual

Bogor- Dalam rangka menyambut  Hari Raya Saraswati atau hari turunnya ilmu pengetahuan suci, Pasraman Ganesha Brahmachari Ashram mengelar perayaan hari suci Saraswati dengan beberapa perlombaan dan Malam Sastra secara virtual. 


Perlombaan dalam perayaan ini dikuti oleh siswa Pasraman Ganesha dan PAUD Widya Kumara. Lomba Mewarnai yang diikuti oleh siswa PAUD Widya Kumara, Lomba Membaca Doa Hindu. Lomba membaca Doa ini wajib diikuti oleh siswa kelas 1, 2 dan 3 dengan doa antara lain Doa Sebelum Makan, Doa sebelum tidur, Doa bangun tidur.; Lomba Cerita Bertema Hindu. Lomba ini wajib diikuti oleh siswa kelas 4, 5 dan 6; Lomba Tik-Tok Bertema Hindu. Lomba ini wajib diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9; Lomba Dharma Wacana. Lomba ini wajib diikuti oleh siswa kelas 10, 11 dan 12. Seluruh siswa sangat atusias mengikuti perlombaan. Pemenang lomba ini diumumkan dalam Malam Sastra.



Dalam Malam Sastra Virtual dihadiri juga oleh Pembina Pasraman; Bapak I Wayan Sulaba serta para Guru. Dalam sambutannya Bapak I Wayan Sulaba :

" Mengapresiasi terselenggaranya Malam Sastra secara Virtual ini walaupun dalam kondisi pandemi, selain itu tuntutlah ilmu pengetahuan setinggi-tingginya dengan selalu belajar. Belajar dengan tekun dan jangan lupa berdoa dan bersembahyang".

Selain diisi dengan Sembahyang bersama secara virtual, perayaan hari Saraswati diisi juga dengan Cerita tentang kisah Dewa Ganesha yang menulis kitab Mahabharata, yang disampaikan oleh Bapak Agus Widodo selaku guru pasraman sekaligus Penyuluh Agama Hindu Kota Bogor. 

Dalam acara kuis dan pengumuman pemenang, peserta sangat bersemangat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Dimana pertanyaannya diambil dari momen Hari Suci Saraswati yang merupakan salah satu hari suci Hindu yang diperingati setiap 210 hari sekali tepatnya setiap hari Sabtu Umanis Wuku Watugunung, Hari suci Saraswati dimaknai sebagai hari untuk memuliakan ilmu pengetahuan.


No comments:

Post a Comment